Luar Biasa, Warga Desa Banyu Kencana Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Luar Biasa, Warga Desa Banyu Kencana Gotong Royong Perbaiki Jembatan

RBO >>> SELUMA >>>  Kondisi jembatan yang buruk dan minimnya perhatian pemerintah daerah, warga Desa Banyu Kencana, Kecamatan Ulu Talo, Minggu (21/6) bergotong royong swadaya merehab jembatan. Perbaikan jembatan yang melintasi jalan berstatus kabupaten itu perlu dilakukan, mengingat akses satu-satunya bagi warga setempat.

Kades Banyu Kencana, Gusti Ayu Kartini mengatakan, jembatan tersebut merupakan akses penghubung antar Desa Banyu Kencana dengan Desa Muara Nibung, Kecamatan Ulu Talo. Bahkan jalan tersebut dapat menghubungkan ke sejumlah desa lainnya di Kecamatan Ulu Talo maupun Kecamatan Semidang Alas (SA).

"Lantai papan yang terbuat dari kayu sudah banyak rapuh. Bahkan hilang. Dahulu jembatan dibangun melalui program PNPM tahun 2013," kata Kades Gusti Ayu Kartini kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Kades menambahkan, minimnya perhatian pemerintah kabupaten, pihaknya memutuskan memperbaiki jembatan secara swadaya dengan bergotong royong bersama masyarakat.

"Ada 9 titik jembatan di desa kami. 2 diantaranya rusak dan diperbaiki secara swadaya bergotong royong. Dikerjakan secara gotong royong dari dana swadaya karena tidak boleh dibangun dari dana desa lantaran jalan kabupaten," ujar Kades.

Gusti mengungkapkan, masyarakat Banyu Kencana yang merupakan warga eks transmigrasi sudah lama menantikan sentuhan perbaikan jalan serta jembatan untuk memperlancar dan meningkatkan mobilitas ekonomi warga. Desa Banyu Kencana, Kecamatan Ulu Talo, merupakan salah satu desa yang lokasinya berada di pedalaman, dengan jarak tempuh sekitar 25 kilo meter dari kawasan jalan raya lintas Bengkulu-Manna. (One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: