Eksekutif Diminta Evaluasi Serapan Anggaran Semester Kedua

Eksekutif Diminta Evaluasi Serapan Anggaran Semester Kedua

RBO >>> BENGKULU >>>  Pihak pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu diminta untuk segera lakukan evaluasi capaian serapan APBD pada tahun ini. Pasalnya melalui evaluasi itu, angka serapan bisa diketahui. Jika capaiannya belum maksimal, bisa dikejar dengan waktu yang tersisa.

Anggota Banggar DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM mengatakan, idealnya evaluasi serapan tahun anggaran berjalan dilakukan dan dilaporkan per triwulan. "Namun bisa jadi lantaran pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), sehingga evaluasi yang dimaksud tidak berjalan," ungkap Edwar kepada radarbengkuluonline.com Selasa (23/6).

Meskipun demikian, lanjut Edwar, pihaknya mengharapkan agar evaluasi bisa dilakukan. Sehingga capaian serapan APBD tahun ini bisa diketahui. "Kalaupun angka serapan masih minim, kan dari evaluasi bisa dilakukan langkah-langkah hingga dengan waktu tersisa angka serapan bisa digenjot," ujar Edwar.

Ditambahkan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Drs. Sumardi, MM, tidak seluruh alokasi anggaran terkena refocussing dan realokasi akibat pandemi Covid-19. "Jadi, bagi kegiatan yang masih ada alokasi anggaran, sebaiknya dikejar untuk realisasi. Sehingga angka serapan bisa tetap maksimal," kata Politisi Golkar ini.

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan yang tak kalah penting untuk dikejar realisasinya, terutama yang bersifat pembangunan fisik. Karena erat kaitannya dalam mewujudkan pembangunan daerah. "Jangan sampai nantinya dengan waktu yang tersisa, kegiatan pembangunan tidak rampung," demikian Sumardi. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: