KPU Rakor Bersama Balon Perseorangan

KPU Rakor Bersama Balon Perseorangan

Verifikasi Faktual Berkas Dukungan

RBO, KEPAHIANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang, Rakor bersama Bakal Calon (Balon) perseorangan Bupati Kepahiang dan Wakil Bupati Kepahiang beserta dengan tim Lo pada Selasa,(23/6). Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut, KPU menjelaskan terkait tahapan dan teknis verifikasi faktual berkas dukungan calon perseorangan di lapangan.

Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, M.Pd mengatakan, berkas dukungan bakal calon perseorangan ini akan diserahkan ke PPS melalui PPK pada 29 Juni mendatang. "Daftar dukungan Balon perseorangan kita serahkan ke PPS melalui PPK akhir bulan ini, untuk dikakukan verifikasi secara faktual," terang Supran.

Dalam Rakor itu, kata Supran, pihaknya juga menyampaikan mekanisme atau teknis verifikasi yang akan dilakukan anggota PPS di lapangan. Dalam verifikasi tersebut pendukung harus mengisikan formulir yang sudah disiapkan KPU. "Pada saat melakukan verifikasi anggota PPS diawasi langsung oleh Pengawas Pemilih Desa Kelurahan (PPDK) yang ada dimasing-masing desa dan kelurahan," kata Supran.

Sambung Supran, berkas dukungan Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), mendukung atau tidak mendukung akan ditentukan pada saat anggota PPS melakukan verifikasi faktual di lapangan. "Setiap pendukung akan mengisi beberapa formulir yang sudah disiapkan KPU. Jadi pada saat verifikasi faktual ini menentukan apakah berkas dukungan itu MS atau TMS," jelas Supran.

Ditambahkan Supran, karena saat ini situasi menuju new normal, Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang melakukan verifikasi faktual, harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). "Setiap petugas yang melakukan verifikasi harus dilengkapi dengan APD, untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Dalam verifikasi ini, kita harus mengutamakan pencegahan," demikian Supran.

Dalam Rakor tersebut hadir, perwakilan dari Bawaslu Kepahiang, perwakilan dari Polres Kepahiang, Kejaksaan Negeri Kepahiang, Bagian pemerintahan, dihadiri juga oleh kedua pasangan calon beserta tim Lo pasangan calon perseorangan Edi Sunandar Dan Ice Rakizah.

Sementara Balon Bupati yang mendaftar melalui jalur perseorangan Edi Sunandar, mengatakan, pihaknya siap untuk mengikuti semua tahapan dan mekanisme sesuai dengan aturan yang berlaku. Sejauh ini pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan pemantauan pada saat verifikasi faktual berlangsung. "Kami akan mengikuti semua tahapan dan proses yang dilakukan KPU. Setiap desa dan Kelurahan kami sudah membentuk tim relawan," imbuh Edi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: