Masyarakat Tidak Mampu Boleh Mendaftar ke Sekolah

Masyarakat Tidak Mampu Boleh Mendaftar ke Sekolah

RBO >>> BENGKULU >>>  Ketua pelaksana PPDB tahun ajaran 2020-2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi, Zahirman Aidi, M.TPd mengatakan, bagi masyarakat yang kesulitan mengakses pendaftaran online melalui website Bengkulu.siap-ppbd.com, ataupun yang tidak mampu, boleh langsung membawa berkas pendaftaran ke sekolah yang dituju.

"Ketika ada semacam kekurangan atau pemahaman, ketidakmampuan mengakses website tersebut, boleh datang ke sekolah. Tapi, jangan semuanya. Dikhususkan masyarakat yang kesulitan saja. Bagi pihak sekolah, kami mengimbau mohon dibantuan dari operator sekolah agar mendaftarkan calon siswa tersebut," ujar Zahirman pada radarbengkuluonline.com  tadi siang (26/6).

Ditegaskannya, pendaftaran PPDB tidak ada sistem offline. namun pihak sekolah akan membantu untuk memfasilitasi orangtua dan calon siswa yang sulit mengakses website pendaftaran. Artinya, secara online tetap berjalan. "Jadi, perangkingan atau seleksi itu akan terlihat di website tersebut. Walaupun, di hari pertama PPDB SMK kemarin terjadi jaringan eror, Untuk PPDB SMA, kami tetap memberikan semaksimal mungkin supaya jaringan tidak eror. tentunya sebagai pelayanan masyarakat, kami siap memberikan yang terbaik," ungkapnya.

Melihat dari kejadian jaringan eror di hari pertama PPDB SMK, tim IT dan provider jaringan ada penambahan kapasitas. Sebab, dihari pertama PPDB SMK, masyarakat yang mengakses websitenya lebih dari 10.000 orang. "Mungkin itulah faktor utama, kenapa jaringan bisa eror. Maka dari itu, kami sudah mengimbau pada pihak penyedia provider untuk menambah kapasitasnya," terangnya.

Dihari pertama PPDB SMA dari jalur prestasi, afirmasi, dan orangtua pindah tugas kemarin, pantauan di lapangan berjalan dengan lancar. sesuai instruksi dari Dikbud Provinsi, terhadap satuan pendidikan bahwa harus melakukan pelayanan publik secara maksimal. "Untuk di SMAN 5 Kota, dari penataan tempat yang dilakukan sekolah sudah bagus. Artinya, pihak sekolah sudah membuat skenario dari awal pintu masuk, ada petugas mengecek suhu badan, tim pemandu untuk menempatkan orangtua beserta calon siswa, menyiapkan kursi yang berjarak 1,5 meter. Kecuali, bagi satu keluarga duduknya boleh berdekatan. Disini, juga sudah ada petugas masing-masing standbay melayani calon siswa, dari jalur prestasi, afirmasi dan orangtua pindah tugas," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Kota, Drs Bermansyah, M.Pd mengatakan, untuk pendaftar yang sudah diverifikasi pihak sekolah, dari jalur prestasi 70 orang, orantua pindah tugas 5 orang dan afirmasi 8 orang. Untuk kuota yang diterima sesuai Pentunjuk Teknis (Juknis) 60 persen zonasi ada 164 orang. Kemudian 20 persen prestasi 54 orang, orangtua pindah tugas 15 persen 13 orang, dan afirmasi 15 orang.

"Untuk jalur prestasi memang sudah melebihi kuota yang diterima. Maka dari itu, berkas pendaftar akan dinilai satu persatu. Mulai dari penilaian akademik dan non akademiknya. Akan dari perangkingan berdasarkan point yang mereka peroleh dari sertifikat yang mereka punya. Seperti juara tingkat Nasional dan lain-lain," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: