Tambahan 4 Positif Covid-19, Jadi 124, Sembuh 88

Tambahan 4 Positif Covid-19, Jadi 124, Sembuh 88

RBO, BENGKULU - Persiapan menuju new normal atau kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19, sepertinya masih menjadi kendala. Pasalnya, kasus positif setiap harinya terus bertambah. Kini sudah mencapai 124 kasus, walaupun pasien dinyatakan sembuh juga ikut bertambah sebanyak 88 orang.

" Dari jumlah sampel yang keluar hasil hari ini (Jumat-red) 42 sampel, 4 hasil positif dan 38 hasil negatif. 4 sampel yang positif dengan rincian, pertama, kasus 121, laki-laki, umur 40 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan batuk. Saat ini, pasien sedang melaksanakan isolasi mandiri. Kedua, kasus 122, laki-laki, umur 47 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan batuk dan filek. Saat ini melaksanakan isolasi mandiri. Ketiga, kasus 123, laki-laki, umur 32 tahun. Kota Bengkulu, Keluhan batuk dan hilang rasa indra penciuman. Kontak erat dengan kasus 117. Saat ini melaksanakan isolasi mandiri. Keempat, kasus 124, laki-laki, umur 63 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan sesak nafas, batuk dan mual. Saat ini dirawat di RSUD. M.Yunus Bengkulu," ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan, SE, M.M pada konfrensi persnya kemarin.

Sedangkan untuk tambahan 10 pasien dinyatakan sembuh, semuanya dari Kota Bengkulu kasus 83, 84, 86, 87,95, 96, 99, 100,102 dan 103. Jadi, total kasus konfirmasi positif Covid-19 yang dilaporkan sembuh sampai dengan hari ini berjumlah 88 orang.

"Selain itu, juga ada penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang. Pertama, Tn. R.A.S , umur 50 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan sesak nafas. Hasil rapid test reaktif. Saat ini dirawat di RSUD M.Yunus Bengkulu. Kedua, Ny. Ba, umur 53 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan sesak nafas dan lemas . Saat ini dirawat di RSUD M.Yunus Bengkulu," terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinkes Provinsi, Herwan Antoni terkait 4 penambahan kasus positif, untuk kasus 121 ini adalah hasil pemeriksaan swab yang dilakukan terhadap para pedagang di Pasar Panorama. Dari 10 swab yang diambil hanya 1 yang positif. Yaitu kasus 121 yang berprofesi sebagai pedagang di Pasar Panorama. Kemudian untuk kasus 122, juga dari hasil pemeriksaan swab karena pasien ada gelaja klinis yang dialami, batuk dan pilek, sehingga dilakukan pengambilan swab. Hasilnya juga positif.

" Kasus 122 ini, diduga dari cluster aparat. Tapi, tidak satu cluster aparat sebelumnya. Sebab baru ada satu yang positif. Untuk kasus 123, ini hasil kontak tracing terhadap kasus 117, yang merupakan karyawan salah satu Perbankan di Pasar Panorama. Kasus 123 ini adalah suami dari kasus 117. Kami lakukan pengambilan swab terhadap keluarga terdekat, dan hasil swabnya dinyatakan positif," kata Herwan.

Untuk kasus 124, merupakan pasien yang dirawat di RSUD M.Yunus Bengkulu. Jadi statusnya PDP, diambil swab. Hasilnya positif. Jadi, dengan adanya penambahan 2 kasus cluster Pasar Panorama hari ini. Total dari cluster Pasar Panorama sebanyak 8 kasus. "Untuk kasus yang di Kepahiang, pihak kami masih telusuri lebih lanjut. Ini diduga juga cluster dari Pasar Panorama. Tapi untuk kepastiannya, kami masih menunggu kontak tracing dari Dinkes Kepahiang. Sebab kasus penambahan di Kepahiang itu aktivitasnya ada juga pedagang. Berdagang dari Kepahiang ke Pasar Panorama. "Ketika nanti penelusuran dari tim Kepahiang, tidak ada kaitan dengan kasus-kasus positif sebelumnya, atau riwayat lainnya berarti bisa nyatakan nanti bagian dari cluster Pasar Panorama. Kalau sudah masuk cluster Pasar Panorama, nanti totalnyan menjadi 9 kasus. Tapi kami belum bisa memastikan itu, sembari menunggu hasil kontak tracing lebih lanjut," tuturnya.

Sementara itu, untuk total Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 915. ODP selesai pemantauan 777, ODP masih dalam pemantauan 138, tambahan ODP hari ini nihil. Total PDP sebanyak 93, PDP yang dinyatakan sehat 12, PDP menjadi konfirmasi 14, PDP Meninggal 24, PDP proses pengawasan/dirawat 43 orang. Selain itu, jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 1.928, sampel positif 124, sampel yang proses pemeriksaan 43, sampel yang keluar hasil hari ini 42, dengan rincian 4 hasil positif dan 38 hasil negatif. Pemeriksaan rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 13.669, rapid test yang unreaktif 13.406, rapid test yang reaktif 263, rapid test reaktif yang dilaporkan hari ini 3 sampel. "Untuk pasien positif Covid-19 sebanyak 124 kasus, pasien sembuh 88 orang, pasien dirawat 7 orang, pasien isolasi mandiri/dalam pengawasan 19 orang, pasien meninggal 10 orang," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: