Prosesi Wisuda Unib Akan Dilakukan Secara Online

Prosesi Wisuda Unib Akan Dilakukan Secara Online

RBO >>>  BENGKULU >>>  Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu (Unib), Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D mengatakan, untuk prosesi wisuda pada bulan Agustus mendatang, pihaknya sedang menggarap konsep untuk wisuda secara daring (online), terkait masih mewabahnya Covid-19.

"Sebab sekali mewisuda mahasiswa Unib bisa berjumlah 1.500 sampai 2.000 orang. Kalau dikalikan jumlah yang datang resminya kan dua orang, tapi yang datang pasti lebih dari itu. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, sudah tidak bisa mengumpulkan masa banyak di dalam satu ruangan," ujar Prof Lizar pada radarbengkuluonline.com tadi siang (30/6).

Maka dari itu, rencananya prosesi wisuda dilakukan secara online, tapi pihaknya masih memilih untuk penerapan onlinenya seperti apa, bagaimana yang praktis sedang diskusikan dan dirancang.

"In sya Allah, wisuda Agustus mendatang dilakukan secara online. Sebab, sudah ada surat edaran dari menteri, tidak boleh lagi melakukan perkuliahan secara tradisional. Unib sudah melakukan itu, dari sistem perkuliahan berbasis online di program Unib, ditambah dengan pemakaian aplikasi online seperti zoom , itupun hanya 30 persen saja. Yang lebihnya dari konvensional mahasiswa masuk ke sistem Unib, bahan ajar mata kuliah, video bisa di download secara gratis, tanpa ada penggunaan kuota data," jelasnya.

Sedangkan untuk prosesi wisuda tetap menggunakan toga, tapi di rumah masing-masing nantinya. "Tapi pada prinsipnya, kami tidak ingin memberatkan mahasiswa. Sebab wisudakan hanya seremonial saja, tidak ikut juga tidak berpengaruh apa-apa," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: