Sukseskan Pilkada, Pemprov Minta Tambah Blanko KTP Elektronik

Sukseskan Pilkada, Pemprov Minta Tambah Blanko KTP Elektronik

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemda Provinsi Bengkulu mengusulkan ke Ditjen Dukcapil Kemendagri sebanyak 25 ribu keping blanko KTP Elektronik. Hal ini mengingat untuk menyukseskan target dalam Pemilihan Kepala Daerah pada 9 Desember mendatang.

    Kepala Dinas Dukcapil Pemda Provinsi Bengkulu, M Ikhwan SH MH mengatakan, untuk stok blanko saat ini berkisar mencapai 1.650 keping. Kendati demikian, pihaknya sudah menyelesaikan tunggakan perekaman KTP elektronik karena dampak covid sempat terkendala pelayanan sekitar 2 hingga 3 bulan.

"Untuk KTP elektronik kita ambil sekitar lima hari sebelum lebaran itu sebanyak 20 ribu dari Dirjen Dukcapil. Hari ini hanya tinggal sebanyak 1.650 keping. Tetapi tunggakan pekerjaan pencetakan KTP  Elektronik kemarin pada virtual metting dengan Ditjen sudah selesai semua. Karena memang pada Kota Bengkulu masih ada sebanyak 3.000 tunggakan dan sebanyak 1.400 suket," terangnya kepada radarbengkuluonline.com  Selasa (30/6).

     Untuk saat ini, dirinya memastikan pelayanan sudah kembali seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan. Saat ini pihaknya sudah membuat pemohonan untuk menambah blanko KTP Elektronik tersebut sebanyak 25 ribu keping. Namun kendala lainnya karena terkait pengiriman saat ini harus memastikan dengan kondisi yang aman. Ikhwan juga menambahkan, ditargetkan menjelang pilkada tahun ini semua KTP yang rusak, selain itu data elemen yang berubah akan diperbaiki kembali. Termasuk data yang pindah domisili maupun penduduk yang sudah berstatus menikah maupun sudah meninggal.

"Ditargetkan semua KTP yang rusak akan kita ajukan ke Kabupaten dan Kota, termasuk elemen data seperti pindah domisili dan status pindah itu harus diperbarui. Sehingga pada pilkada nanti semua bisa mengajukan dengan KTP. Untuk Suket sudah tidak ada lagi. Karena sudah dalam proses reguler. Kalau tercecer agar melaporkan ke Dukcapil masing- masing di Kota dan Kabupaten setempat agar menukarkan dengan KTP elektronik," tutupnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: