SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu Terima Kelas Talenta

SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu Terima Kelas Talenta

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021, membuka kelas talenta. Maksudnya bagi calon siswa yang punya bakat di bidang nonakademik maupun akademik, nantinya akan dilihat dari hasil wawancara dengan calon siswa. Bakat yang mereka punya seperti apa.

"PPDB tahun ini menerima kuota siswa baru sebanyak 204 siswa dari 6 kelas. 1 kelas diisi 34 siswa. Alhamdulillah, untuk pendaftaran sudah 100 lebih, namun kami masih menunggu pendaftaran ulang dari siswa baru yang mendaftar," ujar Kepala SMA MU 4 Kota, Sutanpri, S.Pd, MM pada radarbengkuluonline.com tadi siang

Untuk syarat mendaftar, harus lulus jenjang SMP/Mts, dengan melengkapi persyaratan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Lulus (SKL) jika belum ada ijazah. "Nantinya akan ada tiga kelas, kelas unggul, reguler dan talenta. Dari ketiga kategori itu, dilihat dari hasil wawancara dengan siswa tersebut. Sedangkan untuk kelas unggul ada penambahan jam, dan mata pelajaran yang lebih spesifik. Misalnya di jurusan IPA, maka keunggulan IPA ditingkatkan," terangnya.

Sedangkan untuk kelas talenta, kelas keberbakatan dari segi akademik maupun non akademik. Dalam arti kata, dilihat dari bakat siswa tersebut. Seperti siswa itu memiliki bakat di Teknologi Informasi (TI), olahraga dan sebagainya. "Untuk tes kelas talenta, dilihat dari hasil wawancara bakat siswa itu kemana, dan nantinya akan diuji. Kalau bakat di futsal, volly ada guru olahraga yang mengujinya. Ataupun punya bakat komedi, bagaimana cara siswa itu membuat orang bisa tertawa," tuturnya.

Kuota yang diterima dari kelas talenta ini, pihaknya belum bisa memastikan itu. Sebab, masih mengumpulkan siswa baru, lalu diwawancara oleh pihak sekolah. Dari ketiga ketegori tadi, siswa lebih minat dimana. "Untuk kelas talenta ini, merupakan hasil pengembangan saja. Sudah dimulai dari tahun ajaran 2019-2020. Tapi tahun ini akan lebih diefektifkan lagi. Alhamdulillah, dari prestasi yang diraih kelas talenta ini, di cabang olahraga futsal, dan volly ball," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: