Covid-19, Bantuan Mobnas Desa Batal Direalisasikan

Covid-19, Bantuan Mobnas Desa Batal Direalisasikan

RBO, SELUMA - Impian sejumlah desa di Kabupaten Seluma untuk mendapatkan mobil nasional (Mobnas) desa tahun ini nampaknya jauh dari harapan. Hal ini setelah adanya musibah Covid 19, sehingga juga berdampak dengan program bantuan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Seluma.

Berdasarkan usulan terdapat delapan desa yang direncanakan akan mendapatkan mobil desa pada tahun 2020 ini untuk mobil operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kepastian kegagalan setelah adanya informasi penarikan dana alokasi khusus (DAK) Oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). "Pemerintah pusat masih akan fokus untuk penanganan covid-19. Jadi dana DAK yang sebelumnya akan digelontorkan ternyata dibatalkan penyalurannya," ujar Kepala Dinas Perkim Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, SP, M.AP.

Ditambahkan Erlan, sebelumnya anggaran yang akan dikucurkan sebesar Rp 1,3 miliar. Serta akan digunakan untuk pembelian sebanyak delapan unit mobil BUMDes. Yakni mobil jenis doubel gardan dan biasa. Karena sudah ada tambahan sebanyak 8 desa yang memiliki BUMDes. Serta sudah berbadan hukum.

"Ada delapan desa yang sudah punya BUMDes serta sudah berbadan hukum. Sehingga layak mendapatkan mobil desa," kata Erlan.

Dengan pembatalan tersebut, pihaknya meminta agar delapan desa yang sebelumnya direncanakan untuk mendapatkan mobil desa agar bersabar. Karena tahun 2021 akan diusulkan kembali oleh Dinas Perkim Kabupaten Seluma. "Diminta untuk tetap bersabar, karena tahun depan kami akan kembali memprioritaskan usulan tersebut," singkat Erlan. (One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: