Elva Hartati Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Bengkulu

Elva Hartati Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Bengkulu

Pembahasan RUU HIP  Sementara Ditunda

RBO >>> BENGKULU >>>  Anggota Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati Murman S.IP, MM melaksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kantor DPD PDIP ProvinsiBengkulu tadi siang (3/7) . Dimana salah satunya terkait pemahaman ideologi bangsa, yaitu Pancasila. "Hari ini, saya anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan kembali melaksanakan sosialisasi konsensus empat pilar kebangsaan. Dan ini merupakan salah satu kewajiban kami selaku anggota DPR/MPR untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memahami Pancasila," ungkap Hj. Elva Hartati, kemarin. Dijelaskan oleh Elva di hadapan puluhan peserta sosialisasi yang merupakan kader PDIP serta diikuti 60 orang perwakilan tokoh masyarakat Bengkulu itu, saat ini banyak upaya yang dilakukan oleh beberapa oknum yang ingin merubah Pancasila.

"Seperti ada salah satu ormas. Itu yang kita ingin beri pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya memahami Pancasila sebagai landasan dasar ideologi bangsa. Dan setelah pulang dari sini, seluruh peserta kita harapkan dapat memahami sekaligus ikut mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang pemahaman Pancasila," terang Elva.

Adapun terkait Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP) yang sedang hangat jadi perbincangan di masyarakat, meskipun sebelumnya sudah disetujui oleh sembilan Fraksi yang ada di Senayan, namun untuk pembahasan RUU-HIP tersebut sekarang sedang ditunda. "Walaupun sebelumnya sembilan fraksi sudah setuju dibahasnya RUU-HIP tersebut, namun dikarenakan beberapa hal, maka pembahasan RUU tersebut ditunda. Namun kami tetap akan menyampaikan, serta mensosialisasikan pada para tokoh masyarakat bahwa RUU-HIP tersebut pada dasarnya bukan seperti yang disampaikan saat ini. Meskipun ada beberapa pasal atau ayat yang masih diperdebatkan, kami dari PDIP tetap akan terus menjaga marwah Pancasila sesuai dengan konstitusi negara kita," terang Elva Hartati.

Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar nampak juga dilakukan secara interaktif dengan tanya jawab serta kuesioner hafal Pancasila. Dimana yang hafal mendapat hadiah doorprize. Selain itu dalam pelaksanaan kegiatan juga dilakukan dengan menerapkan standar protokoler Covid-19.

"Kita melaksanakan kegiatan ini tetap dengan menerapkan protokol Covid-19. Dengan peserta yang dibatasi, jaga jarak, sosial distancing dan physical distancing, kita siapkan tempat cuci tangan serta sabun. Kemudian tetap selalu menggunakan masker," pungkas Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu itu. (idn/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: