Dinas Pertanian Salurkan Bibit Bawang 150 Hektar

Dinas Pertanian Salurkan Bibit Bawang 150 Hektar

RBO, KEPAHIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, melalui Dinas Pertanian bidang holtikultura terus mewujudkan Kabupaten Kepahiang, sebagai sentra penghasil bawang merah dan bawang putih di Provinsi Bengkulu. Tahun ini, Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mendapat bantuan bibit bawang merah umbi untuk lahan seluas 50 hektar, kemudian bantuan bibit bawang merah biji dengan luas lahan 50 hektar, dan bantuan bibit bawang putih untuk lahan seluas 50 hektar. Semuanya hampir selesai disalurkan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP, melalui Kabid Holtikultura, Budi, SP mengatakan, sebagian bantuan bibit tersebut sudah disalurkan melalui masing-masing Kelompok Tani (Poktan) yang menjadi penerima bantuan. "Yang masih dalam proses penyaluran yaitu bibit bawang merah umbi seluas 50 hektar. Bawang merah biji dan bawang putih semuanya sudah disalurkan ke Poktan penerima," kata Budi saat dikonfirmasi Minggu,(5/7).

Bantuan bibit bawang merah dan bawang putih ini, lanjut Budi, penyalurannya merata tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Kepahiang. Memang ada beberapa Kecamatan yang tidak kebagian, tetapi rata-rata semua petani bawang, yang tergabung dalam Poktan, di Kabupaten Kepahiang menjadi penerima. "Hampir semua petani bawang di Kabupaten Kepahiang menjadi penerima bantuan bibit bawang tersebut," terang Budi.

Lanjut Budi, untuk mendapatkan bantuan bibit ini petani bawang harus mengajukan proposal dulu melalui masing-masing Poktan. Kemudian proposal permohonan tersebut diverifikasi. "Jika semua persyaratan lengkap. Bantuan bibit bawang tersebut langsung kita salurkan. Dengan harapan Kabupaten Kepahiang benar menjadi sentra penghasil bawang terbanyak di Provinsi Bengkulu," bebernya.

Ditambahkan Budi, untuk memastikan bibit bawang ini dibudidayakan dengan baik. Pihaknya dari bidang holtikultura turun langsung ke Poktan penerima untuk melakukan sosialisasi. Sehingga jenis tanaman bawan ini bisa dikembangkan secara berkelanjutan. Program pengembangan bawang di Kabupaten Kepahiang bukan tanpa alasan. Karena bawang merah merupakan tanaman yang sangat cocok dibudidayakan di wilayah Kabupaten Kepahiang, dan memiliki harga jual bersaing. "Kita turun ke tingkat Kecamatan. Dan bertatap muka langsung dengan penerima, untuk memberikan penjelasan singkat cara budidaya bawang. Dan aturan-aturan lainnya," demikian Budi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: