KPU Berikhtiar Tingkatkan Kualitas Data Pemilih

KPU Berikhtiar Tingkatkan Kualitas Data Pemilih

KPU Kota Langsung Monitoring Coklit Turun Kelapangan

RBO, BENGKULU – Dari dimulainya Gerakan Klik Serentak (GKS) yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Bengkulu, dimana kegiatan itu langsung dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Arief Budiman melalui Virtual dan di Bengkulu turut dihadiri langsung oleh komisioner KPU RI Viryan Azis SE, MM serta Komisioner Bawaslu M. Afifudin S. Th. I, M.Si. Viryan Azis mengungkapkan, pihaknya mulai melaksanakan GKS serentak.

“Hari ini, KPU memulai kegiatan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih dalam Pilkada serentak tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih sebulan. Dari tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus. Di hari pertama ini KPU mengambil satu inisiatif, yaitu GKS dengan membuka website pengecekan data pemilih sejak hari pertama kegiatan pemutakhiran data pemilih. Sebelum ini belum pernah dilaksanakan dalam Pilkada sebelumnya. Jadi ini hal baru yang kami lakukan sebagai bentuk kesungguhan KPU meningkatkan pelayanan kepada pemilih sebagai bentuk kesungguhan KPU meningkatkan pelayanan kerja, juga sebagai bentuk kesungguhan KPU secara nyata berikhtiar meningkatkan kualitas data pemilih yang nanti akan diketahui pada tanggal 9 Desember tahun ini. Namun kita sama-sama ketahui dalam regulasi kegiatan pengecekan data secara daring atau online belum dapat dilakukan proses resmi karena data yang diatur dalam regulasi dan UU, PKPU bukan pendataan semacam ini. Melainkan kegiatan petugas kami dalam hal ini PPDP mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah dan melakukan pengecekan secara langsung. Sebab itu pengecekan melalui website lindungihakpilihmu.kpu.go.id merupakan alat bantu bagi masyarakat yang didaerahnya ada pemilihan untuk mengecek data dirinya,” kata Viryan Azis saat diwawancarai ketika berada di Bengkulu, Rabu (15/7).

Dengan pengecekan melalui website tersebut, dapat membantu pemilih mengetahui sudah ada atau belum. Kalau sudah ada dilihat, apakah sudah benar atau belum? Kalau sudah benar tentunya harus dikonfirmasi kepada petugas. “Untuk itu PPDP merupakan ujung tombak pelindung hak pilih warga negara. Kami juga membekali PPDP, bukan hanya perangkat kerja untuk memutakhirkan data pemilih. Namun perangkat kerja APD untuk menghindari Covid-19. Mudah-mudahan ini bisa efektif dilaksanakan. Nanti hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020, kami kembali melakukan Coklit serentak. Gerakan klik dimulai hari ini, tapi kami seluruh jajaran KPU RI, Provinsi, kabupaten/kota akan turun ke rumah-rumah mulai tanggal 18 Juli, mulai pukul 07.30 WIB,” papar Viryan.

Sementara itu, Anggota Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si dia mengatakan, kegiatan mereka GKS nasional se Indonesia. “Hari ini kita gerakan klik serentak secara nasional bagi daerah yang ada Pilkadanya di Indonesia. Dimana ada 301 daerah. Kita mengklik lewat website kita. Dimana bisa dicek langsung dengan menggunakan data NIK kita. Dan mulai tanggal 18 Juli akan dilaksanakan Coklit oleh PPDP. Artinya mulai hari ini kita menggaungkan bahwa kegiatan tahapan Coklit sudah dimulai,” kata Darlin. Sementara itu dari anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu, Romi Sugara S.Sos, menambahkan, pada hari yang sama pihaknya melaksanakan GKS di rumah pintar KPU Kota Bengkulu. “Tadi kita juga sekaligus turun monitoring coklit kelapangan,” singkat Romi Sugara. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: