Coklit Serentak, KPU Kota Bengkulu Ingin Validkan Data Pilkada

Coklit Serentak, KPU Kota Bengkulu Ingin Validkan Data Pilkada

Data Pemilih Akurat, Diharapkan Partisipasi Tinggi

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dalam melaksanakan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini, KPU Kota Bengkulu melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan elemen pemerintah Kota Bengkulu beserta jajarannya. Dimana hadir perwakilan dari Dukcapil, dan Dinas Kesehatan. Kemudian juga dari Bawaslu, Polres, Dandim 0407, Kejaksaan Negeri, serta unsur media massa.

      Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah M.Si mengungkapkan bahwa tahapan Pilkada sejak tanggal 15 Juni telah dimulai kembali, dan saat ini sudah mulai tahap untuk pemutakhiran data. Dimana Coklit ini cukup penting karena Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur sangat penting. Karena itu, pihaknya berharap validitas data di kota tinggi. "Jadi kita ingin agar data itu betul-betul valid untuk pemutakhiran data dengan tingkat keakuratan data yang bagus. Dengan keakuratan data, maka diharapkan tingkat partisipasi pemilih tinggi. Bagian sentral fundamental dari data pemilih. Dan coklit serentak akan kita mulai tanggal 18 Juli sampai 13 Agustus sesuai dengan PKPU Nomor 05 Tahun 2020," ungkap Martawansyah, Jumat (17/7).

Ketua KPU Kota Bengkulu tersebut menerangkan, kenapa Coklit data ini penting. Karena ditengah pandemi Covid-19 ini mungkin ada beberapa masyarakat tidak mau ditemui secara langsung. Sebab itu, hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas. Karena itu, dibutuhkan peran media massa dalam ikut mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat.

"Kita harapkan peran serta dari seluruh elemen. Termasuk media massa dalam ikut mensosialisasikan gerakan Coklit serentak. Dan besok (Hari ini Sabtu-red) kita akan mulai turun langsung mengunjungi beberapa tokoh dan kita sama-sama mendatangi objek-objek Coklit di Kota Bengkulu," terang Martawansyah.

Ditambahkan oleh Komisioner KPU Kota Bengkulu, Zaini S.Ag, Coklit serentak yang akan mereka laksanakan diawali apel bersama secara nasional dan di Kota Bengkulu dimulai diseluruh sembilan kecamatan, serta ada beberapa titik kelurahan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Dimana pesertanya tidak lebih dari 20 orang setiap titiknya. "Kita harapkan dengan dimulainya Coklit serentak nanti pemutakhiran yang dilaksanakan dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan. Saat apel bersama besok kita juga akan virtual dengan KPU RI di sekretariat KPU Kota dan Kecamatan Singaran Pati," tambah Zaini. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: