Rohidin-Rosjonsyah Lanjut Tes Pemeriksaan Kesehatan

Rohidin-Rosjonsyah Lanjut Tes Pemeriksaan Kesehatan

Helmi-Muslihan dan Agusrin-Imron Tes Kejiwaan

RBO, BENGKULU - Tahapan Pemeriksaan tes kesehatan masih dijalani oleh Paslon Kepala Daerah yang telah mendaftar di KPU. Kemarin Helmi-Muslihan serta Agusrin-Imron sudah melaksanakan Tes kesehatan yang dipusatkan di RSUD M Yunus Bengkulu. Sedangkan Rohidin-Rosjonsyah baru hari ini Rabu melaksanakan tahap pemeriksaan kesehatan fisik. Untuk tes pemeriksaan kejiwaan Paslon Rohidin-Rosjonsyah sudah melaksanakannya.

Bakal Cagub Bengkulu, H Helmi Hasan, SE bersama Calon Wakil Gubernur H. Muslihan DS S.Sos, MM menegaskan, tes kesehatan yang dilakukan oleh tim medis harus dengan hasil yang jujur. Jangan sampai, hasil tes kesehatan itu ikut dipolitisir, hingga membuat balon kada gugur dalam pencalonan.

"In sya Allah, Insyallah, Insyallah kita yakin dengan hasilnya ya," ungkap Bakal Cagub Helmi Hasan usai tes kesehatan di RSUD M Yunus Bengkulu, kemarin (8/9).

Sejauh ini menurut Helmi tes kesehatannya berjalan dengan lancar. Semua pelayanan yang dilakukan pihak medis di RSUD M Yunus Bengkulu berjalan bagus. "Semua prosesnya berjalan dengan baik, insyallah hasilnya pun begitu," katanya.

Sama halnya, Balon Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamudin yang berpasangan dengan Imron Rosyadi mengatakan, dirinya saat ini dalam keadaan sehat. Semua proses tes kesehatan diikuti dengan baik. "In Sya Allah hasilnya juga baik," kata Agusrin.

Sebelumnya diketahui kemarin (Selasa-red) baru ada sebanyak 25 Balon Kada ataupun Wakada yang mengikuti tes kesehatan di RSUD M Yunus Bengkulu. Ini sebagaimana diungkapkan Direktur RSUD M Yunus Bengkulu, dr.Zulkimaulub Ritonga, Sp.AN saat diwawancarai kemarin.

"Kemarin itu ada 13 orang yang sudah memeriksakan diri, kemudian hari ini ada 12 orang, besok 12 orang lagi, dan seterusnya sampai 25 pasang itu sudah semua terakhir kita laksanakan di hari Kamis," sampainya.

Zulki mengatakan, masih ada kemungkinan Balon Kada akan gugur pada tes kesehatan ini. Yakni apabila yang bersangkutan didalam pemeriksaan ternyata didapati hal yang dapat mengganggu kepemimpinan apabila nanti menjabat selama 5 tahun.

"Kemungkinan ada yang gugur itu kalau diantara tes yang dijalani ada yang kira kira akan mengganggu kepemimpinan apabila mereka nanti menang Pilkada," ujarnya.

Lebih jauh Zulki menyebutkan, terkait hal tersebut nantinya akan diplenokan bersama pada hari Jumat. Baik dari RSUD M Yunus, RSKJ Soeprapto, dan BNN Provinsi Bengkulu.

"Semuanya akan kita kumpulkan hasilnya, dan akan kita plenokan pada hari Jumat. Nanti akan banyak penilaian, dan untuk hasilnya akan kita sampaikan kepada KPU paling lambat Jumat sore atau malamnya," ungkap Zulki.

Sementara itu, ada 11 Poli yang harus dilewati oleh setiap Balon Kada. Belum lagi ditambah 2 penunjang yakni pemeriksaan di laboratorium dan juga radiologi.

"Yang diperiksa itu semua fungsi tubuh. Mulai dari otak, otot, panca indera, tulang, jantung, hati, paru dan yang lainnya," kata Zulki.

Untuk diketahui, untuk pemeriksaan kesehatan di RSUD M Yunus sendiri, setidaknya ada 20 dokter yang bertugas memeriksa kesehatan Balon Kada ini. Namun jika ditambah dengan perawat, jumlah totalnya sekitar 40 orang.

"Ada pergantian perawat di setiap harinya, namun estimasinya sekitar 40 orang. Dimana untuk pemeriksaan setiap Balon Kada itu sekitar 6 jam untuk setiap orang," tutupnya.

Ditempat terpisah Sementara itu, dari tiga balon gubernur yang akan maju di Pilgub Bengkulu, balon gubernur Rohidin Mersyah tidak berbarengan menjalani tes kesehatan. Melainkan, Rohidin Mersyah bersama pasangannya Rosjonsyah menjalankan tes kejiwaan di RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu.

"Alhamdullah tadi sudah selesai tes kesehatan rohani," ujar Rohidin.

Dalam tes kejiwaan tersebut, menurut Rohidin ada tes tertulis dan tes wawancara dengan psikiater. Seluruh kondisi jiwa diperiksa, mulai ada tidak ketakutan, kegelisahaan hingga kecemasan seseorang. "Seputar kondisi kejiwaan," tambahnya. Setelah menjalani tes kejiwaan ini, Rohidin mengatakan, hari ini akan melakukan tes kesehatan di RSUD M Yunus Bengkulu. Semua kesehatan fisik akan diperiksa.

"Besok (hari ini,red), tinggal tes kesehatan fisik," pungkas Rohidin. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: