Tiga Cagub Lulus Kesehatan, KPU Vertual Berkas

Tiga Cagub Lulus Kesehatan, KPU Vertual Berkas

RBO, BENGKULU – Tiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu telah lulus tes kesehatan. Menurut Juru Bicara (Jubir) KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah S.Pd, M.Si tiga kandidat dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan akan lanjut pada tahap selanjutnya.

“Dari hasil pemeriksaan tes kesehatan yang kami terima, tiga kandidat bakal Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur kita dinyatakan MS. Untuk itu ketiganya akan lanjut tahap selanjutnya yaitu Verifikasi Faktual (Vertual) berkas syarat calon. Nanti syarat calon akan kita faktualkan ke lapangan. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan kesehatan Cakada Kabupaten, tim kesehatan langsung menyerahkan pada KPU delapan kabupaten,” ungkap Darlinsyah pada radarbengkuluonline.com, Minggu (13/9).

Dijelaskan oleh Darlinsyah, pada dasarnya untuk syarat pencalonan dan syarat calon, sejak awal pendaftaran mereka telah melakukan verifikasi. Namun untuk validasinya syarat tersebut maka akan difaktualkan.

“Seluruh syarat kandidat bakal calon, baik Calon Gubernur maupun Calon Wakil Gubernurnya akan kita faktualkan. Seperti ijazah sekolahnya. Kemudian termasuk syarat status hukum mantan Gubernur Agusrin M Najamuddin yang merupakan mantan narapidana korupsi. Dalam minggu tim Pokja akan melakukan validasi syarat dan memfaktualkannya langsung ke lembaga yang berwenang,” jelasnya.

Adapun dari tiga kandidat Bakal Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu saat ini, dimana ada Helmi-Muslihan yang diusung oleh Partai Hanura, PAN serta NasDem, kemudian Rohidin-Rosjonsyah yang didaftarkan oleh Partai Golkar, PKS, PDIP, PPP serta Partai Demokrat serta Agusrin-Imron yang didaftarkan oleh Partai Gerindra, PKB serta Perindo. Darlin belum bisa memastikan apakah ketiganya akan lolos dan ditetapkan menjadi calon nantinya.

“Sekarang statusnya masih bakal calon. Kita belum bisa memastikan apakah mereka akan lolos menjadi calon atau tidak. Tunggu saja tanggal 23 September nanti yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) akan kita plenokan dan diumumkan menjadi calon peserta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu,” pungkas Darlin. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: