Manunggal Jaya Gelar Musrenbangdes 2021

Manunggal Jaya Gelar Musrenbangdes 2021

7 Item Pembangunan Jadi Prioritas

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2021 pada Selasa,(29/9). Dalam kegiatan itu ada 7 item pembangunan yang ditetapkan sebagai skala prioritas. Yaitu, pembangunan drainase di dusun I dengan panjang 300 meter, pembangunan drainase di dusun IV dengan panjang 200 meter, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 150 meter, pembukaan badan jalan baru di dusun III dengan panjang 1 kilo, pembangunan sumur bor empat titik, rehab box cover dan pembangunan drainase di depan rumah Giono sepanjang 135 meter.

Kepala Desa (Kades) Manunggal Jaya, Edy Surya mengatakan, setiap pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) ada tingkatan dan jenjangnya. Sebelumnya Pemdes beserta BPD dan tokoh masyarakat sudah melaksanakan Musyawarah Desa (Mudes) untuk menyampaikan usulan rencana pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2021. Kemudian dilanjutkan dengan survei lokasi rencana pembangunan oleh tim verifikasi. "Hari ini (kemarin red) kita kembali menggelar Musrenbangdes, untuk menetapkan rencana pembangunan yang menjadi skla prioritas," sampai Edi Surya.

Sementara itu, Ketua BPD Manunggal Jaya, Eko Mulyono mengatakan, berdasarkan hasil Musdes yang pernah dilaksanakan sebelumnya, setidaknya ada 7 item pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas. Dalam Musrenbangdes ini semua rencana pembangunan tersebut kembali disepakati bersama. "Setelah semua rencana pembangunan fisik ini disepakati, hasil Musrenbangdes ini akan kita sampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan mendatang," kata Eko.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos yang hdair langsung dalam kegiatan itu mengatakan, semua rencana pembangunan yang diusulkan masyarakat Manunggal Jaya, harus disampaikan kembali dalam Musrenbangdes ini. Kemudian secara bersama rencana pembangunan tersebut disepakati, dan disampaikan dalam Musrenbang tingkat kecamatan. "Sekarang kita mendengarkan apa yang sudah diusulkan dalam Musdes perencanaan beberapa waktu lalu. Kemudian kita tetapkan sebagai skala prioritas tahun 2021," demikian Camat.

Ditambahkan Camat, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan pihak Kecamatan, 16 Desa di Kecamatan Ipuh terhitung sejak tanggal 29 September 2020 mulai melaksanakan Musrenbangdes. Saat ini ada tiga desa yang sudah melaksanakan Murenbangdes. Yaitu Desa Tanjung Jaya, Desa Pulau Makmur, dan Desa Manunggal Jaya. "Desa yang belum melaksanakan Musrenbangdes sudah kita jadwalkan. Pertengahan Oktober mendatang semua desa di Kecamatan Ipuh ditargatkan selesai melaksanakan Musrenbangdes," demikian Sepradanur.

Dalam kegiatan Murenbangdes tersebut hadir langsung, Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos, Kades Manunggal Jaya, Edy Surya beserta perangkatnya, Ketua BPD Manunggal Jaya, Eko Mulyono beserta anggotanya, Penamping Desa (PD) Ali Syahbana, Pendamping Lokal Desa (PLD) Andi, Bhabinsa, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat Desa Manunggal Jaya lainnya juga hadir dengan mematuhi semua protokol kesehatan.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: