Pertama di Bengkulu, Sekolah Energi Bersih Resmi Dilaunching

Pertama di Bengkulu, Sekolah Energi Bersih Resmi Dilaunching

RBO, BENGKULU - Yayasan Kanopi Hijau Indonesia Bengkulu menggandeng Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah (SMAM) 4 Kota untuk menjadi yang pertama di Provinsi Bengkulu, dalam menerapkan sekolah energi bersih melalui pemakaian energi surya listrik. Peresmian tersebut, ditandai dengan hidupnya lampu yang bersumber dari energi matahari, yang diresmikan langsung oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu.

Kepala SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu, Sutanpri, M.Pd mengatakan, dalam upaya menjadikan sekolah energi bersih pertama di Bengkulu, ini adalah komitmen bersama dari semua pihak.

"Berkat dukungan penuh dari keluarga besar SMAM 4 Kota, baik dari dewan guru pengajar, hingga siswa telah bersepakat, dan berkomitmen membangun sekolah energi bersih guna berpartisifatif menjaga kelestarian lingkungan," ujar Sutanpri kepada radarbengkuluonlin.com kemarin. Dijelaskannya, pemasangan panel surya di atap sekolah ini menghasilkan 13 ribu Watt listrik, dan memenuhi 50 persen dari kebutuhan total listrik di sekolah itu. Sekolah energi bersih ini, terlaksana dengan baik atas kerjasama SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu dengan Yayasan Kanopi Hijau Indonesia, 350.org, dan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu). "Semoga dengan resmi dilaunching, sekolah lain dapat mengikuti jejak kami, penggunaan energi bersih dari energi surya listrik.’’

Sementara itu, Ketua Kanopi Hijau Indonesia, Ali Akbar mengatakan, penggunaan energi bersih di SMAM 4 Bengkulu ini harus menjadi percontohan bagi sekolah lain. Dia juga mendorong sekolah di Bengkulu untuk memulai gerakan menggunakan energi bersih demi kelestarian lingkungan. "Bermuara dari gerakan sekolah energi bersih ini, supaya timbul kesadaran kolektif dari seluruh rakyat Indonesia secara umum, dan Bengkulu khususnya untuk tidak menjadi bagian perusak lingkungan dengan menikmati energi listrik yang bersumber dari batubara dan bahan bakar fossil lainnya," terangnya.

Diterangkan lebih lanjut oleh Ali Akbar, peresmian sekolah energi bersih ini juga menghadirkan ‘Lorong Energi’, yang berisi informasi penggunaan energi bersih dan dampak dari penggunaan energi fosil batu bara. Selain itu, diadakan dialog antara siswa dan pegiat lingkungan hidup Bengkulu, dan dihibur dengan penampilan musik akustik dari mahasiswa seni Unihaz Bengkulu.

Selain sekolah energi bersih, SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu memiliki program pelestarian lingkungan melalui program paper less, melakukan program risiko bencana berbasis sekolah, melakukan inisiatif program penggunaan air pasca wudhu, juga memiliki cara berpikir maju dan terbuka atas segala perbuatan. Guna mendukung program peduli lingkingan, pihak sekolah melakukan penggalangan dana publik mulai dari jam 2-5 sore di SMAM 4 Bengkulu. Penggalangan dana ini untuk memenuhi 20% dana yang masih kurang.

"Bantuan dari masyarakat dapat dikirim melalui Rekening Bank BNI Syariah 0881686630 a.n Lazizmu SMA Muhammadiyah 4 atau dapat menghubungi 0821 7872 8447 (Yana) atau bisa juga dengan membeli thumbler seharga 100k (Donasi 35k untuk sekolah energi bersih)," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: