Tracking Covid Tunggu Hasil Swab Keluar Dulu

Tracking Covid Tunggu Hasil Swab Keluar Dulu

Pemprov Bengkulu Bantu VTR

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM menyatakan kalau pihaknya saat ini belum kembali melakukan tracking dugaan penyebaran Covid-19 di wilayah setempat. Pasalnya, saat ini pihaknya masih menunggu tiga ratusan hasil swab tes dari tracking sebelumnya yang sampelnya sudah diambil. Tiga ratusan hasil swab yang belum keluar itu, kata Bustam, hasil tracking kasus positif Covid-19 sebelumnya.

"Kalau sekarang belum ada pengambilan sampel Swab tes. Sebab kita belum tracking lagi. Hasil tracking kemarin sudah diambil sampel swabnya, tinggal menunggu hasilnya keluar yang tiga ratusan itu kemarin," beber Bustam. Dijelaskan Bustam, jika nanti seandainya hasil Swab tes tiga ratusan sampel ini nanti ada yang dinyatakan positif terpapar Covid-19, maka pihaknya kembali akan melakukan tracking.

"Kita berharap ya, yang sedang menunggu hasil Swab ini, untuk melakukan isolasi mandiri. Sebisa mungkin hindari kontak erat dengan orang lain. Paling tidak selama 14 hari. Tapi, seandainya nanti ada yang dinyatakan positif, kita lakukan tracking, tetap," ujarnya.

Ditanya soal persediaan alat penyimpanan sampel Swab tes atau VTR (viral transport medium) yang dimiliki Pemkab Mukomuko saat ini, Bustam mengatakan, sebelumnya memang sempat menipis. Namun beberapa hari lalu, Pemkab dapat dukungan VTR dari Pemprov Bengkulu.

"Jadi stok VTR sementara aman. Stok kita ada sekitar 100 tabung. In sya Allah aman. Sekarang kan kita belum melakukan pengambilan sampel lagi," demikian Bustam. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: