DPT Provinsi 1,3 Juta, Tambah 1.365 dari DPS

DPT Provinsi 1,3 Juta, Tambah 1.365 dari DPS

Irwan: Pengadaan Logistik Pilgub Berpedoman DPT

RBO, BENGKULU –KPU Provinsi Bengkulu telah melaksanakan pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Bengkulu yang akan digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 ini. Diungkapkan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra S.Ag, MM terdapat penambahan sebanyak 1.365 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelumnya.

“Jadi hari ini, kita KPU Provinsi Bengkulu melakukan rekapitulasi penetapan DPT Provinsi Bengkulu. Setelah ditetapkan di KPUD Kabupaten/Kota, hari ini KPU Provinsi melakukan rekapitulasi dan sudah disahkan barusan dalam rapat pleno terbuka, sejumlah 1.374.430 pemilih dimana memang terjadi penambahan dari DPS kita sebelumnya yang berjumlah 1.373.065, artinya terdapat 1365 penambahan pemilih baru untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu,” ungkap Irwan Saputra S.Ag, MM, Minggu (18/10).

Tambahan itu karena adanya pemilih pemula atau pemilih baru mendapatkan KTP elektronik, dimana sebelumnya mereka belum mempunyai E-KTP.

“Selama proses DPS dilakukan KPU berkoordinasi dengan Dukcapil dan diantara yang belum memiliki E-KTP ini ada terdapat di Lapas, setelah ditindaklanjuti dengan perekaman data diri, setelah terdata di dokumen kependudukan, mereka masuk dalam kategori pemilih baru, dan direkap dalam DPT. Data ini nanti yang akan dilakukan oleh KPU untuk pengadaan logistic, jumlah dokumen, alat perlengkapan pemilihan yang terkait jumlah pemilih sudah bisa dilakukan, seperti pengadaan surat suara dan perlengkapan pemilih lainnya itu sudah merujuk pada DPT yang kita sahkan hari ini,” pungkas Irwan.

Dari hasil pleno rekapitulasi DPT Provinsi Bengkulu terlihat Kota Bengkulu merupakan daerah dengan DPT paling banyak yaitu berjumlah 244.507 pemilih jika dibandingkan dengan Sembilan daerah kabupaten lainnya dan Kabupaten Lebong yang paling sedikit DPT nya dengan hanya 75.280 pemilih. Kemudian dari total jumlah DPT Provinsi Bengkulu jumlah pemilih laki-laki total 695.761 sedangkan pemilih perempuan 678.669 yang tersebar di 4.341 TPS di Provinsi Bengkulu.

Adapun dari Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap SP, M.Si usai pleno dia mengatakan, dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pihaknya melihat penyelenggara pemilu di Provinsi Bengkulu sudah bekerja secara maksimal, kooperatif, sudah mengakomodir pemilih sesuai syarat ketentuan yang berlaku.

“Dan kami sesuai komitmen awal melakukan pencegahan, maka dalam forum rekapitulasi tingkat provinsi, kita tidak lagi memberikan rekomendasi atau statemen, karena itu sudah mulai kita lakukan sejak awal, dari kabupaten/kota secara bertahap. Termasuk juga provinsi memberikan rekomendasi sebelum pleno dan Alhamdulillah KPU menindaklanjuti walaupun tentunya ini bisa jadi juga menyisakan masalah. Tapi DPT yang telah ditetapkan oleh KPU hari ini menjadi dasar bagi kita semua, menjadi pegangan baik penyelenggara, partai politik, paslon maupun stake holder lainnya,” kata Parsa. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: