Antisipasi RSUD Penuh, Wisma Atlit Disiagakan Sebagai RS Darurat

Antisipasi RSUD Penuh, Wisma Atlit Disiagakan Sebagai RS Darurat

RBO, ARGA MAKMUR - Kasus positif di Kabupaten Bengkulu Utara saat ini terus mengalami peningkatan. Saat ini menyentuh angka 216 dengan pasien sembuh sebanyak 136 orang dan meninggal dunia 11 orang. Kasus positif yang terus naik drastis dalam sebulan terakhir ini, membuat Tim Satgas Covid-19 Bengkulu Utara mengambil sikap. Akan kembali mengaktifkan wisma atlit milik Pemkab Bengkulu Utara menjadi pelayanan kesehatan atau Rumah Sakit Darurat untuk Pasien Covid-19. Wisma Atlit ini sendiri sebelumnya sempat menjadi ruang isolasi mandiri untuk warga yang reaktif atau memiliki tracking kontak erat dengan pasien positif. Namun dalam 3 bulan terakhir Wisma Atlit tersebut tidak difungsikan disebabkan minimnya kasus yang terjadi di Bengkulu Utara. Banyak warga memilih untuk melakukan isolasi mandiri di kediamannya masing–masing.

Direktur RSUD Arga Makmur, Jasmen Silitongga menyebutkan pengaktifan Wisma Atlit sebagai Rumah Sakit Darurat untuk pasien Covid-19 ini saat ini dalam proses administrasi. Akan terlebih dulu diajukan ke Kementerian Kesehatan melalui Gubernur dan persetujuan Bupati Bengkulu Utara.

Jasmen Silitongga menjelaskan pengaktifan Wisma Atlit untuk penanganan Covid-19 saat ini karena kapasitas khusus pasien Covid-19 di RSUD Arga Makmur hanya mampu menampung 36 pasien. Sedangkan di Wisma Atlet dapat menampung 64 pasien. "Wisma Atlit ini kapasitasnya yang lebih besar, sehingga jika sewaktu-waktu ada lonjakan untuk melakukan isolasi, telah siap digunakan," tutup Jasmen. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: