Omzet Pedaggang Pantai Panjang Menurun Ditahun Baru

Omzet Pedaggang Pantai Panjang Menurun Ditahun Baru

RBO >>>  BENGKULU >>>  Bertepatan hari libur di awal tahun 2021 ini, Jumat (1/1) sore kemarin tampak arus jalan lalu lintas lenggang. Pantauan Harian radarbengkuluonline.com tadi siang, baik kendaraan bermotor dan mobil tidak memadati jalan lintas Pantai Panjang tersebut.

Lovi (34), salah satu petugas parkir yang biasa menjaga lahan parkir depan Sport Center tersebut menerangkan, liburan tahun ini kunjungan masyarakat menurun dari tahun sebelumnya. Dampaknya karena adanya aturan yang membatasi masuk untuk mencegah kerumunan massa ditengah covid -19 saat ini. "Sepi bang. Biasanya sampai ratusan kendaraan kalau sudah sore. Apalagi malam, ini kan sudah ada aturan tidak boleh masuk ke Pantai Panjang," ujarnya.

Kendati demikian, menurutnya para pedaggang yang menempati disana pun tetap berjualan seperti biasa. "Kalau pedaggang masih berjualan, karena mereka mau makan apa kalau tidak berjualan," tambahnya. Rina (25) salah seorang pedaggang pondok minuman segar, mengaku turunya omzet ditahun ini. Biasanya sehari dirinya kerap meraup hingga Rp 700 ribu untuk menjual es kelapa, namun ditahun ini dirinya hanya mendapatkan Rp 200 ribu hasil dari jualanannya.

"Sejak dibuat aturan itu, saya rugi. Banyak minuman yang tidak laku bang. Biasanya kalau malam tahun baru banyak juga yang duduk memesan jagung bakar, es kelapa disini. Kalau tahun sekarang, sehari pendapatan 200 ribu rupiah aja sudah syukur," tambahnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Toni (37), pedaggang kembang api dan terompet yang biasa berjualan di tahun baru. Pada tahun sebelumnya, Toni sudah menyiapkan terompet untuk menyambut tahun baru sebanyak 80 terompet. Hanya saja ditahun ini, dirinya hanya menjual 20 terompet saja. Biasanya terompet yang ia jual sebesar Rp 15 ribu hingga Rp 40 ribu.

"Tahun sekarang karena ada covid -19 saya hanya jual 20 terompet saja. Karena takut tak laku, ini saja masyarakat kurang minat membeli. Untuk kembang api juga memang kita jual dengan stok sedikit aja," terangnya.

Toni berharap, penyebaran covid -19 ditahun ini segera hilang. Apalagi menurutnya Pemerintah Pusat sudah menyiapkan vaksinasi gratis untuk masyarakat. "Kami pedagang ini hanya berharap dengan Pemerintah. Mereka yang membuat kebijakan, apalagi tahun ini katanya sudah sampai vaksinasi. Kami berharap masa sulit ini segera hilang," sampainya. Sementara itu, pos pengamanan Pantai Panjang tetap dijaga oleh pihak Polres setempat. Hanya saja belum tampak personel lalu lintas yang menutup Jalan terhitung pukul 4 sore kemarin. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: