BPJS Kesehatan Bengkulu Optimalkan Pelayanan

BPJS Kesehatan Bengkulu Optimalkan Pelayanan

RBO >>> BENGKULU >>>  Pelayanan dari Badan Penyelenggara Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan memang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia, apalagi pada masa pandemi yang sekarang masih berlangsung. Begitupun dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu yang beralamat di Jl. Pembangunan No.14, Kota Bengkulu selalu mengupayakan hasil terbaik untuk para penguna layanan tersebut.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Ahmad Saibul SKM MM saat dihubungi radarbengkuluonline.com  di ruang kerjanya kemarin mengutarakan bahwa sebelum adanya pandemi virus corona, pelayanan terhadap peserta dilaksanakan secara langsung tatap muka. Perkembangan dalam pelayanan selalu dilakukan. Baik itu pra era new normal dan saat era newnormal ini.

‘’Terutama bagi pihak perusahaan swasta, BPJS sudah menyiapkan sistem elektronik data badan usaha (EDABU) , supaya proses pengupdatean data proses pelayanan lainnya mudah dilaksanakan. Namun setelah di masa era new normal ini banyak sekali perubahan yang dilakukan dalam pelaksanaan pelayanan, dengan cara menggunakan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui android dan ios. Sebenarnya kita sebelum adanya era new normal itu ada pelayanan tatap muka, ya disini banyak pelayanan yang bisa dilakukan, akan tetapi kita ketahui juga banyak sekali inovasi dan pelayanan- pelayanan sebelum era new normal ini juga banyak pelayanan yang sudah dikembangkan, baik itu dari cabang ataupun pusat,’’ ungkapnya.

Dengan adanya sistem online yang telah dikembangkan, lanjutnya, masyarakat yang telah menjadi peserta BPJS bisa langsung dapat mengetahui alamat BPJS, hak dan kewajiban, status kesehatan,status iuran, riwayat pembayaran ,ubah data serta aktivitas lainnya dengan baik tanpa harus langsung datang ke kantor cabang. Selain itu ada juga fitur chat assistant JKN (CIKA), yaitu proses pengiriman pesan kepada pihak BPJS, voice interactive JKN (VIKA). Yaitu proses pengiriman keluhan melalui pesan suara kenomor care center 1500 400. Terakhir yaitu pelayanan administrasi melalui whatsapp (PANDAWA) di nomor 0812 7330 5640.

Harapanya dengan adanya sistem pengembangan online dalam pelayanan terhadap peserta pada masa pandemi virus corona ini, apalagi dengan banyaknya penambahan kasus positif yang ada perharinya di Kota Bengkulu. ‘’Alhamdulillah dengan adanya Pandawa ini kita bisa meminimalisir penumpukan peserta. Apalagi di masa covid ini.’’ (Mg-5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: