Kesbangpol Awasi Potensi Konflik Sosial Hingga ke Desa

Kesbangpol Awasi Potensi Konflik Sosial Hingga ke Desa

RBO, SELUMA - Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Seluma akan melakukan pengawasan terkait potensi munculnya konflik sosial dan isu-isu lain yang berkembang yang dapat memecah persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia.

"Kesbangpol terus berupaya melakukan pengawasan maupun pemetaan dini terhadap adanya potensi-potensi yang dapat memicu konflik. Salah satunya dengan berkoordinasi dengan informan-informan yang ada di setiap desa," kata Plt Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Seluma, Darlinda MM melalui Kasubdit Penanganan Konflik, Amran S.Pd, kemarin.

Pendeteksian dini penting dilakukan agar gerakan-gerakan kelompok paham radikal tidak menyusup ke tengah warga serta memetakan adanya konflik atau polemik yang sedang berkembang. "Di Kabupaten Seluma salah satu potensi konflik yang rawan terjadi adalah masalah sengketa lahan dengan perusahaan," sampainya. Agar langkah deteksi dini berjalan efektif, Kesbangpol kedepannya secara struktural akan menjadi bagian dari instansi pemerintah dan pusat. "Sebenarnya, keberadaan Kesbangpol menjadi mata dan telinga pemerintah daerah dalam hal situasi Kamtibmas," sampainya. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: