Pers Jadi Akselerator Perubahan Kebangkitan dari Pandemi

Pers Jadi Akselerator Perubahan Kebangkitan dari Pandemi

RBO >>>  BENGKULU >>>  Insan Pers Bengkulu memperingati hari puncak HPN (Hari Pers Nasional) 2021 bersama Gubernur dan FKPD di Balai Raya Semarak Bengkulu (9/2). Gubernur Bengkulu menyebut Pers adalah akselerator perubahan kebangkitan dari pandemi.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, sehatnya kondisi fisik seseorang ditentukan juga oleh sehatnya pemikiran. Peran pers dalam menyehatkan masyarakat begitu besar. Karena, kawan-kawan pers dapat membentuk pola pikir, membentuk sebuah pemikiran dari sajian informasi.  

Gubernur menyebut, coba bayangkan saja jika ada infomasi keliru atau hoax yang tersebar luas soal vaksinasi. Pasti semua masyarakat saat ingin divaksin cemas, tensinya tinggi dan akhirnya gagal vaksin.

"Peran pers begitu besar. Kalau pers sehat, masyarakat bisa sehat. Begitu juga sebaliknya", ujar Rohidin.

Dihadapan tokoh media dan para jurnalis, Gubernur meminta agar terbitnya berita-berita positif di semua media. Sebagai contoh, Gubernur mengungkapkan bahwa dalam 1 bulan terakhir pengendalian covid 19 trendnya bagus. Ada dua variabel indikator. Pertama dari sebaran wabah. Angka penemuan kasus positif semakin berkurang, bahkan hilang.

Lalu kejadian kasus atau angka kesakitan menurun, angka kematian menurun. Bengkulu jauh di bawah nasional. Angka kesembuhan kita di atas nasional.

"Dengan indikator ini, meyakinkan kita segera bangkit dan begeraknya semua sektor ekonomi. Maka dari itu saya harap pers dapat memberitakan sisi positif dari kondisi pandemi. Berita pers yang baik, akan berdampak positif bagi daerah," ujarnya.

Gubernur selalu meminta berita positif, namun juga enggan menghilangkan kritik membangun, krtik produktif dari kawan media.

" Saya support sekali adanya kegiatan uji kompetensi wartawan yang dilakukan pihak PWI. Karena kritik pemerintah yang dibuat dengan semangat produktif, dengan semangat bahasa perubahan yang baik dibutuhkan dalam menjalankan pemerintahan. Kritik pedas membangun itu jadi vitamin bagi saya. Dan kritik yang baik tersebut hanya dapat ditulis oleh wartawan yang sudah bersertifikat, lolos uji kompetensi, " jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Bengkulu, Zacky Antoni, MH mengatakan, HPN di Bengkulu diisi dengan kegiatan kegiatan produktif, yakni menanam 1.000 pohon disejumlah tempat. Dan launchingnya akan dilakukan di gerbang tol Bengkulu Lubuk Linggau. Bersih pantai, seminar manfaat vaksinasi dan UKW.  

Pers Diberi Keringanan

Sementra itu, Presiden Jokowi  dalam peringatan HPN tahun 2021 mengucapkan selamat kepada insan pers. Dimasa pendemi ini dia minta kepada insan pers tetap bekerja  digaris terdepan dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Selain  pemerintah terbantu dalam mengedukasi dalam penerapan Prokes dan mendapat informasi yang benar dan cepat. Masa pandemi yang melanda semua negara sangat berpengaruh, sehingga hal ini terasa juga dalam industri pers, oleh karena itu pemerintah meringankan dengan kebijakan berupa yakni pajak ditangguhkan oleh pemerintah sampai Juni 2021 dan PPH badan, PPH2 impor, insentif. Insentif diberikan ke industri lain juga diberikan ke industri media begitu juga listrik.  Begitu juga mengenai vaksin dan hal ini insan pers bulan Februari dan Maret akan divaksin berjumlah 5000 dosis. Selain itu perkembangan media yang masiv dan cepat, hal ini sangat sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam regulasi yang sudah ada, sehingga kedepan dapat selaras dalam menghadapi krisis kesehatan dan perekonomi serta lompatan kemajuan.(ae2/ae-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: