14.076 Peserta Ikut Seleksi di MAN IC Se Indonesia

14.076 Peserta  Ikut Seleksi di MAN IC Se Indonesia

RBO >>> BENGKULU >>>  Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam secara serentak melakukan ujian Seleksi SNPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) hari ini di 23 daerah. Total pesertanya 14.076. Khusus  di Bengkulu, dipusatkan di MAN 2 Kota Bengkulu. Sebanyak 416 peserta didik baru mengikuti seleksi tersebut. Mereka ini nantinya  akan diambil sebanyak 96 peserta dengan rincian 48 orang putra dan 48 orang putri.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, M.HI yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag, Drs. H. Hamdani, M.Pd menyampaikan bahwa peserta ujian seleksi ini harus  mengikuti seleksi secara serius. Karena, yang diterima ini hanya  terbatas. Adapun peserta ujian seleksi tambahnya berasal dari seluruh kabupaten dan Kota Bengkulu hingga dari luar Provinsi Bengkulu mengikutinya dan menerapkan dengan dua metode seleksi.

"Alhamdulillah seleksi ini dilaksanakan dan secara serentak se-Indonesia. Kepada peserta hendaknya mengikuti secara serius. Akan banyak yang akan tereliminasi. Karena, terbatasnya penerimaan peserta didik baru di MAN IC Bengkulu. Berbagai daerah asal yang mengikutinya, yang mana dalam masa pandemi kita lakukan secara dua metode. Yakni metode Klasikal dan secara mandiri. Baik di rumah ataupun disekolah secara online yang terpantau dan diawasi secara ketat dan penilaian terpusat di Kementerian Agama RI, "jelas Hamdani kepada radarbengkuluonline.com Sabtu (27/2).

Tim Monitoring dan Evaluasi dari Dirjen Pendidikan Islan Kementerian Agama, Yusi Damayanti, SE, MM, Ak menyampaikan bahwa untuk memastikan dalam pelaksanaan ujian seleksi sesuai dengan juknis yang ditetapkan, oleh karena itu  Tim Monev ditempatkan di setiap tempat seleksi. Nantinya seluruh data akan terpusat menjadi satu di Kementerian Agama dan diharapkan akan mendapatkan peserta yang terbaik.

Salah satu orang tua peserta didik, Kamsiah, yang berasal dari Kabupaten Lebong sangat antusias menyaksikan anaknya mengikuti ujian bagi putrinya. Ia sangat berharap anaknya dapat diterima di MAN IC Bengkulu dan berkeinginan memasukkan anaknya ke MAN IC dikarenakan informasi dari tetangganya dan mencari informasinya di internet.

"Harapan saya semoga putri saya dapat diterima di MAN IC. Jauh dari Lebong menemani anak saya untuk ikut seleksi ini. MAN IC tahunya saya bagus dan madrasah yang hebat dan muridnya merupakan unggulan dan berprestasi, " pungkas Kamsiah.

Adapun soal yang akan dikerjakan peserta ujian seleksi sebanyak 100 soal yang terdiri dari kepribadian, potensi belajar dan test akademik.(Ae-4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: