Usai Panen, 18 Pasangan Menikah di Selagan Raya

Usai Panen, 18 Pasangan Menikah di Selagan Raya

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Jumlah Pernikahan di wilayah Kecamatan Selagan Raya awal 2021 ini nyaris menyentuh angka puluhan. Saat ini Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, sudah mencatat sebanyak 18 pasangan melakukan pernikahan. Selama dua bulan terakhir wilayah Kecamatan Selagan Raya bisa dikatakan memang musim pernikahan. Karena masyarakat Kecamatan Selagan Raya mayoritas adalah sebagai petani budidaya padi dan perkebunan. Awal Januari 2021 lalu warga setempat baru saja selesai panen padi. Dan sudah menjadi kebiasaan setelah musim panen langsung disambut musim pernikahan.

Kepala KUA Kecamatan Selagan Raya, Zaikul Usman, S.Sos,I mengatakan, di wilayah Kecamatan Selagan Raya ini memang ada waktu tertentu dimana jumlah pernikahan meningkat drastis. Biasanya yaitu sehabis musim panen padi. "Awal tahun 2021 ini masyarakat Kecamatan Selagan Raya memang baru selesai panen. Jadi, tidak heran angka pernikahan langsung membengkak awal tahun ini," ucap Zaikul kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Menurutnya, mulai pertengahan Maret mendatang pendaftaran pernikahan di KUA diprediksikan mulai sepi hingga Juli 2021 mendatang. Karena pertengahan Maret mendatang masyarakat Selagan Raya mulai turun ke sawah. Selanjutnya memasuki bulan Ramadan. Pendaftaran pernikahan mulai ramai diprediksikan setelah lebaran Idul Adha, 20 Juli 2021 mendatang. "Setelah ini pendaftaran pernikahan mulai sepi. Dan pendaftaran pernikahan diprediksi kembali ramai setelah lebaran haji mendatang," jelas Zaikul.

Untuk diketahui, tahun 2020 lalu KUA Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, berhasil mencatat jumlah angka pernikahan di wilayah Kecamatan Selagan Raya sebanyak 64 pasangan. Jumlah angka pernikahan tahun 2021 ini tidak menutup kemungkinan meningkat dari tahun 2020 lalu. Sebab, selama dua bulan terakhir KUA Kecamatan Selagan Raya sudah mencatat sebanyak 18 pasangan pernikahan.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: