2.000 Dosis Vaksin Jembrana Disebarkan di Mukomuko

2.000 Dosis Vaksin Jembrana Disebarkan di Mukomuko

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Apa yang ditunggu akhirnya tiba di Kabupaten Mukomuko. Vaksin Jembrana, penyakit menular yang menyerang ternak sapi Bali sudah tiba di Mukomuko beberapa hari lalu.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, S.Pt menuturkan, jumlah vaksin Jembrana yang sudah tiba di Mukomuko itu jumlahnya 2.000 dosis.

"Vaksin sudah kami ambil dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu dan saat ini vaksin Jembrana sudah tiba di Mukomuko. Selanjutnya kita segera melakukan vaksinasi ternak sapi Bali milik masyarakat," ungkap Warsiman kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Kata Warsiman, vaksin Jembrana ini sudah langsung didistribusiakan ke Puskeswan-Puskeswan dan para tenaga Keswan, langsung melakukan vaksinasi.

"Kemarin sudah kita distribusikan. Kita minta juga kepada Petugas Keswan langsung melakukan vaksinasi," paparnya.

Warsiman menambahkan, vaksin Jembrana ini memang sudah lama dinanti. Sebab, sejak Januari 2021 hingga saat ini, banyak ternak sapi Bali di Mukomuko diserang penyakit menular Jembrana.

Diungkapkannya, dari Januari sampai pertengahan Maret ini, sedikitnya ada 300 ekor sapi terjangkit Jembrana. Dari jumlah itu, tidak kurang dari 100 ekor berujung kematian.

"Makanya, penyakit ini sudah cukup merugikan. Tapi gimana kemarin-kemarin kita belum punya vaksin. Makanya kita mengusulkan ke Pemprov Bengkulu dan Pusat. Alhamdulillah sudah diakomodir."

Ia berharap dengan sudah ada vaksin ini, nantinya bisa membantu petani di Mukomuko. ''Setidaknya, aangka penularan Jembrana bisa kita tekan sebanyak mungkin," pungkas Warsiman. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: