210 Personel Terlibat di TMMD Seluma

210 Personel Terlibat di TMMD Seluma

Kapenrem:TNI Harus Bantu Masyarakat RBO >>> BENGKULU >>>  Kepala Penerangan Korem 041/Gamas (Kapenrem 041/Gamas) Bengkulu , Mayor Cpm Maukar Lumban Raja, S.H mengatakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-110 TA 2021 untuk wilayah Korem 041/Gamas, digelar di wilayah Kodim 0425/Seluma. Untuk pembukaan TMMD ke-110 ini sangat berbeda dari sebelumnya dikarenakan permasalahan Covid-19 yang belum berakhir, sehingga pembukaan Satgas TMMD Ke-110 Kodim 0425/Seluma dilaksanakan secara virtual oleh Wakil Bupati Seluma Drs.Gustianto beberapa waktu lalu. ‘’ Tema kegiatan kali ini adalah, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,” ujar kapenrem kepada radarbengkuluonline.com Sabtu (13/3).

Kapenrem 041/Gamas juga menyampaikan bahwa untuk TMMD Ke-110 Kodim 0425/Seluma dilaksanakan selama 1 bulan (dibuka tanggal 2 Maret 2021 dan akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2021). "Lokasi TMMD yang dipusatkan di Desa Air Kemuning, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma dengan melibatkan sebanyak 210 orang personel. Ini terdiri dari anggota TNI, Polri, Pemda Kabupaten Seluma dan masyarakat setempat. Saya yakin masyarakat akan merasakan manfaatnya," ungkap Kapenrem kemarin.

Lebih lanjut Kapenrem 041/Gamas menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan TMMD ke-110, Kodim 0425/Seluma memiliki dua sasaran. Yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi kegiatan pembukaan badan jalan sepanjang 2.000 M, pembangunan bedah rumah sebanyak 5 unit, pembangunan gorong-gorong sebanyak 6 titik dan perehaban Masjid sebanyak 1 unit. Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan bela negara, hukum, Narkoba, pertanian, Wasbang, KB Kes, pemberdayaan masyarakat, bahaya Karhutla serta sosialisasi stunting, Posyandu dan Posbindu PTM.

Selain itu, adalah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Juga untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan insfrastruktur melalui program TMMD serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan TMMD Ke-110 yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0425/Seluma ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Seluma, khususnya di Desa Air Kemuning tersebut," pungkasnya. Tidak hanya itu, untuk mengetahui perasaan masyarakat yang mendapatkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Program TMMD Ke-110 Kodim 0425/Seluma, Kapenrem 041/Gamas beserta anggota Penrem juga mendatangi dan meliput rumah salah satu warga yang mendapatkan bantuan tersebut. Yaitu rumah milik Farida (usia 46 tahun) yang juga merupakan seorang janda bertempat tinggal di Desa Air Kemuning.

Saat ditanya, Farida yang pasif berbahasa Indonesia menjelaskan bahwa sebelum adanya Satgas TMMD di Desa Air Kemuning, rumah Farida masih terbuat dari kayu. Namun setelah adanya bantuan bedah rumah yang dilaksanakan Satgas TMMD, rumahnya yang semula terbuat dari kayu akhirnya berubah menjadi rumah dari beton. "Kami sekeluarga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada anggota Satgas TMMD, Pemda Kabupaten Seluma, Danrem Bengkulu dan Dandim Seluma atas bantuan bedah rumah yang diberikan kepadanya sehingga rumah yang dulu terbuat dari kayu dan setelah adanya bedah rumah ini rumahnya menjadi bagus walaupun masih dalam proses pengerjaan," ucap Farida.

Selain itu, Kepala Desa Air Kemuning, Ediriansah juga menyampaikan sangat senang dengan adanya kegiatan Satgas TMMD di Desa Air Kemuning. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Satgas TMMD, Pemda Seluma, Danrem Bengkulu dan Dandim Seluma atas bantuan rehab rumah yang diberikan kepada Farida. "Tentu kami merasa sangat senang atas program TMMD ini, untuk itu kami ucapkan terima kasih pada TNI maupun pemerintah daerah di Seluma," tambah Kades Air Kemuning. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: