Bupati Sapuan Ikut Kotor-Kotoran Bersihkan TPU

Bupati Sapuan Ikut Kotor-Kotoran Bersihkan TPU

Apresiasi Semangat Goro FPL

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM. Ak,. CA., CPA ikut gotong royong (Goro) bersama Forum Peduli Lingkungan (FPL) membersihkan dan membangun toilet di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Talang Marando, Kelurahan Koto Jaya Kota Mukomuko, Sabtu pagi (13/3).

Ini untuk pertama kali kegiatan Goro FPL yang rutin dilaksanakan setiap pekan dan sudah berlangsung 2 tahun ini dihadiri langsung oleh pejabat tinggi Pemkab Mukomuko. Kehadiran Sapuan sebagai Bupati Mukomuko pada kegiatan tersebut tidak hanya membuat anggota FPL senang dan bahagia. Namun juga menumbuhkan dan membangkitkan semangat gotong royong secara menyeluruh di tengah masyarakat di daerah ini.

Forum Peduli Lingkungan merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan di Kota Mukomuko yang fokus melakukan kegiatan peduli lingkungan. Forum ini berdiri pada 2019 lalu. Nyaris tidak pernah absen, setiap hari Sabtu kelompok masyarakat ini melakukan kegiatan sosial seperti membersihkan lingkungan perumahan, membersihkan fasilitas umum seperti TPU, menggalang dana membantu korban musibah dan bencana, termasuk saat pandemi, FPL aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga dan tempat umum sekitar Kota Mukomuko.

Jon Herli selaku Ketua FPL mengatakan, ini pertama kali pejabat daerah hadir dan ikut langsung kegiatan Goro yang dilaksanakan FPL. Padahal kegiatan Goro ini rutin dilaksanakan hampir setiap Sabtu kurun waktu 2 tahun terakhir. Tempat-tempat kegiatan juga tidak jauh dari pusat pemerintahan Pemkab Mukomuko.

"Tentu kami senang, bahagia ada pejabat yang mengapresiasi kegiatan kami ini. Apalagi Beliau seorang Bupati, "orang nomor satu" di Mukomuko. Senang, bahagia pokoknya. Baru ini kami kedatangan Bupati. Mau kotor-kotoran dengan kami," ujar Jon ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sementara, Bupati Sapuan mengatakan, tidak ada alasan bagi pemerintah tidak mendukung kegiatan yang dilakukan oleh FPL ini. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan sangat positif dan bersifat sosial. Sapuan melihat, semangat gotong royong yang digalakkan oleh FPL ini merupakan kekuatan bagi Kabupaten Mukomuko untuk mengisi pembangunan kedepan dan menuju perubahan yang lebih baik bagi daerah ini. "Gotong royong ini sudah menjadi budaya Bangsa kita. Namun harus kita akui, seiring dengan kemajuan zaman, semangat gotong royong ini turun. Tapi di sisi lain ada kelompok masyarakat seperti FPL ini masih merawat budaya Goro itu. Harus kita dukung, ini kekuatan. Maka atas nama Pemkab Mukomuko kami siap mendukung kegiatan FPL kedepan," sampai Bupati.

Sapuan berharap, kegiatan seperti yang dilaksanakan Forum Peduli Lingkungan ini bisa terlaksana di seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko. Sebagai Bupati, ia juga siap mensupport agar Goro semacam ini bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

"Jaga terus kekompakan dan kerjasama ini. Makanya selalu saya bilang, tanpa ada kerjasama sulit bagi saya mewujudkan pembangunan yang diharapakan. Tapi dengan kerjasama, Insya Allah, apa yang kita cita-citakan bisa tercapai. Dan, apa yang dilakukan FPL ini wujud nyata dari kerjasama. Kerjasama antar masyarakat dan pemerintah," demikian Sapuan. (sam/prw/Diskominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: