Pasar Ampera Masuk 10 Besar Nasional

Pasar Ampera Masuk 10 Besar Nasional

Pasar yang Bebas Zat Kimia dan Bahan Berbahaya Lainnya

RBO, MANNA - Sebagai pasar yang sehat dan aman dari bahan yang berbahaya baik itu zat kimia ataupun zat lainnya, Pasar Ampera Menuju Nasional. Wakil Bupati Bengkulu Selatan H. Rifai Tajuddin mengucap Alhamdulillah atas keberhasilan Bengkulu Selatan mampu meraih juara 10 untuk mengikuti lomba tersebut di tingkat nasional untuk itu Pasar Ampera siap menjadi juara 1 di Indonesia.

"Untuk mempersiapkan kesiapan kita mengikuti lomba tersebut saya mengundang seluruh OPD yang terkait di dalam perlombaan ini seperti Disperindagkop, Dinas Kesehatan, Kasatpol PP, Dinas Perikanan Kelautan,Bappeda Litbang,Dinas LHK,Kabag ekonomi,Kabag Humpro. Diharapkan kepada seluruh OPD yang terkait bisa kompak melakukan tugas dan poksinya masing- masing," Ujar Rifai di Ruang rapat Kamis(25/03).

Pada Tanggal 13 April 2021 pihak kementrian yang terkait dengan lomba Pasar Sehat dan aman akan melakukan survei tentang kelayakan pasar ampera, Apakah pasar ini mampu bersaing apa tidak.sehingga pasar ampera ini harus sudah siap untuk menjadi no 1 dan bukan no dua sebelum mereka datang dengan berupaya semaksimal mungkin.Kalau nantinya dalam lomba Bengkulu Selatan kalah yang akan disalahkan adalah Pemerintah Daerah, kalau lomba ini menang yang merasakan manfaatnya seluruh masyarakat yang akan merakaan, Untuk itu mari perbaiki kesalahan yang dilakukan selama ini agar bisa menjadi untuk menjadi lebih baik.

"Untuk itu ayo siapkan diri kita masing - masing,nantinya setiap OPD akan dibuatkan SK sesuai dengan tupoksinya. Sehingga OPD yang mendapatkan SK bisa melakukan tanpa harus diperintahkan sehingga OPD mampu bertanggung jawab terhadap poksi dan tugasnya sehingga menjadikan pasar ampera menjadi pasar yang baik dan percontohan," Ungkap Rifai.

Begitu juga yang disampaikan oleh Herman Sunarya,SH.MH bahwa terpilihnya pasar Ampera sudah dilakukan persiapan pada tahun 2018 oleh BPOM Provinsi Bengkulu agar nantinya masuk dalam nominasi pasar sehat dan aman. "Tetapi saat ini kita masih perlu melakukan perbaikan seperti lahan parkir yang saat ini sering digunakan oleh para pedagang sehingga pasar menjadi rapi dan nyaman bagi para pembeli pada saat ingin membeli sesuatu di dalam pasar.Untuk itu pihaknya akan melibatkan banyak pihak untuk melakukan pembinaan dari setiap OPD terkait seperti kebersihan, penertiban dalam hal ini Satpol PP,Dinkes dalam segi kesehatan dan Disperindag penataan pasar menjadi lebih baik," Ucap Herman.

Karena pasar Ampera mewakili Bengkulu Selatan menjadi peserta lomba pasar sehat dan aman tingkat Nasional maka tim yang dibentuk dalam hal ini masing - masing OPD harus langsung melakukan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan pasar tersebut.Adapun yang menjadi penilaian nantinya dan yang harus disiapkan adalah tersedianya tempat pembuangan sampah,penataan kios memiliki meja,mempunyai aliran yang tertutup dan mengalir,terdapat toilet yang cukup, toilet harus tersedia tempat cuci tangan,upaya pengendalian hewan pengganggu(Tikus),pedagang menggunakan perlengkapan diri karena saat ini di masa pandemi,pedagang tidak boleh meludah dan merokok,pedagang menjaga kebersihan sehingga penilaian nanti cukup dan memenuhi kriteria.

"Untuk itu setiap OPD terkait harus melakukan pembinaan terhadap para pedagang, bahkan yang paling fatal adalah penempatan para pedagang terkait covid 19,apalagi saat ini menyambut bulan puasa dimana lapak tersebut dijadikan untuk jualan takjil maka akan dikembalikan seperti awal dimana dipasar tidak ada pemasangan yang nama nya terpal," Pungkas Herman.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: