Gusnan: TP PKK Harus Berperan Aktif untuk BS EMAS

Gusnan: TP PKK Harus Berperan Aktif untuk BS EMAS

RBO, MANNA -  Sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dan keorganisasian kemasyarakatan serta berfungsi sebagai fasilitator, perencanaan, pelaksanaan pengendalian serta penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TP PKK harus ambil peran itu.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM usai melantik kepengurusan baru Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP. PKK) diharapkan mampu menjadi penggerak, pendorong serta menjadi contoh di masyarakat untuk pembangunan daerah yang lebih maju.

"Karena PKK ini gerakan nasional dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah. Pengolahannya dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Kita berharap TP PKK bisa mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa berbudi luhur serta sadar hukum dan lingkungan. Serta mampu mewujudkan pembangunan BS yang berlandaskan Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS)," kata Gusnan di Pendopo rumah dinas, Senin(29/03).

Memberantas kemiskinan dengan memberantas garis kemalasan. Karena sejatinya tidak ada garis kemiskinan yang ada garis kemalasan. Malas dapat menjadikan kita miskin. Untuk itu pemberdayaan keluarga sangat penting untuk mendapatkan keluarga yang sehat dan mandiri.

Menciptakan kesejahteraan keluarga, terpenuhi kebutuhan hidup dasar, baik itu dari segi material,sosial, mental sehingga mampu menjadi hidup layak dan bermanfaat. Dimulai dari unit terkecil yaitu suami,istri dan anak.

"Saya menginginkan  TP-PKK dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil,selain itu keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi gerak PKK, memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak – anak. " Ingin Gusnan.

Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah, lanjut Bupati, dapat terlihat dari 10 program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program-program yang ingin dilaksanakan Pemerintah.

Untuk itu harus adanya keselarasan program – program itu, tentunya Ketua Tim Penggerak PKK dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik dan dapat membangun kemitraan dengan OPD – OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Semoga kedepannya PKK yang ada di Bengkulu Selatan mampu menunjukkan eksistensinya dalam peran di masyarakat, Sehingga mampu memberikan edukasi yang baik untuk kemajuan Bengkulu Selatan kedepannya sesuai yang kita rencanakan selama ini," Papar Gusnan.

Adapun yang disampaikan oleh Ketua TP. PKK Nurmalena Gusnan mengatakan, kualitas hidup, anak dan perempuan dalam 10 program PKK perlu sinergi dan selaras dengan program Pemerintah Kabupaten BS. Maka dari itu, kedepan perlu produktif dan kinerja lebih baik lagi.

Adapun yang menjadi 10 program PKK tersebut adalah penghayatan dan pengamalan pancasila,gotong royong,pangan,sandang,perumahan dan tatalaksana rumah tangga,pendidikan dan ketrampilan,kesehatan,pengembangan kehidupan berkoperasi. Kelestarian lingkungan hidup,perencanaan sehat.

"Dengan aktifnya PKK di tengah - tengah masyarakat semoga kita mampu menjadi garda terdepan untuk mengatasi persoalan yang ada di masyarakat.Serta menekan angka kematian ibu hamil serat berkontribusi mengatasi beberapa persoalan seperti gizi buruk, kesehatan anak,lansia sampai ke pencegahan Stunting," Pungkas Nurmalena.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: