Suntik Vaksin Tahap II, Lanal Bengkulu Laksanakan Instruksi KSAL

Suntik Vaksin Tahap II, Lanal Bengkulu Laksanakan Instruksi KSAL

RBO >>>  BENGKULU >>>  PangkalanTNI Angkatan Laut (LANAL) Bengkulu pada Rabu, (31/3), kembali melaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk prajurit yang berdinas di jajaran Lanal Bengkulu. Pelaksanaan vaksinasi tersebut berlangsung di aula Yos Sudarso, Jl. RE Martadinata No. 10 Pulau Baai Kota Bengkulu, dengan melibatkan vaksinator dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Provinsi Bengkulu.

Pemberian vaksin dosis kedua lebih kurang 200 vaksin disiapkan, ditambah untuk jalur tambahan bagi prajurit yang belum berkesempatan melaksanakan vaksin dosis pertama beberapa waktu lalu.

Kepala Balai Pengobatan Lanal Bengkulu, dr. Nova Herlinda, selaku Koordinator pelaksanaan vaksin Lanal Bengkulu mengatakan, bahwa pada pelaksanaan dosis kedua ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Mekanisme, dimulai dengan register (tanpa pre register), tensi, screening yang terdiri dari 16 pertanyaan sesuai dengan standar Kemenkes RI. Lalu vaksinasi dan observasi.

Menurut dr. Nova, evaluasi dari pelaksanaan vaksin dosis pertama tidak ditemukan adanya prajurit yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Tetapi seandainya ditemukan gejala KIPI ringan dan sedang, akan dilakukan observasi. Sedangkan KIPI dengan gejala berat, akan dievakuasi ke Rumah Sakit DKT dengan menggunakan ambulance.

“Setiap kita melaksanakan vaksinasi selalu menyiapkan tim medis. Jadi, ada sudut medisnya agar siap membantu apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar dapat menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 pada khususnya di Provinsi Bengkulu. "Sesuai dengan instruksi KSAL, kita hari ini kembali melaksanakan suntik vaksin tahap II," tegas Danlanal. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: