Ayoo…Percepatan Pencairan DD dan ADD

Ayoo…Percepatan Pencairan DD dan ADD

RBO. MANNA - Untuk saat ini masih banyak  desa yang belum melakukan pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) ataupun Dana Desa (DD). Hal ini sangat mempengaruhi pergerakan kemajuan suatu desa. Untuk itu percepatan pembangunan desa harus dilakukan percepat pencairan, bagaimana proses pembangunan mau berjalan kalau pencairan dana belum dilakukan.

Camat Pino Bengkulu Selatan Surahman,S.Sos.M.Kes mengatakan Pemerintah Desa harus mencari solusi apa yang menghambat lambatnya pencairan ADD dan DD tersebut,Sehingga tidak menelantarkan kepentingan masyarakat. "Untuk Kecamatan pino saat ini baru dua desa yang melakukan pencairan dari 15 desa,Apalagi yang kita ketahui halangan tidak ada lagi tetapi perencanaan desa yang belum selesai.Salah satunya  persoalan Bantuan Langsung Tunai(BLT) yang masih simpang siur,untuk itu tuntaskankanlah dan tetapkan jumlah KPM yang mendapatkannya," kata Surahman di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu(31/03).

Bahkan sampai saat ini masih ada Pemerintah Desa yang belum menetapkan berapa jumlah KPM BLT DD. Sedangkan untuk melakukan pencairan tersebut harus melampirkan data validasi dan finalisasi penerima BLT tersebut.

Karena tahap pertama pencairan ini harus penyaluran BLT terlebih dahulu.bahkan kalau tidak adanya penyaluran BLT DD maka pencairan tahap selanjutnya akan dilakukan pemotongan anggaran. "Kalau itu sampai terjadi sangat disayangkan,jangan sampai kita mendahulukan ego masing - masing. Mari kita melakukan musyawarah dalam menetapkan sesuatu apapun itu bukan hanya BLT saja, agar kedepanya pembangunan yang ada di desa tidak terhambat dan perkembangan desa bisa berjalan sesuai yang direncanakan," singkat Suherman.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: