49 KPM Desa Gunung Kembang Terima BLT DD

49 KPM Desa Gunung Kembang Terima BLT DD

RBO, MANNA - Menjelang bulan puasa ini Pemerintah Desa tetap menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan prokes Covid - 19. Karena saat ini Covid - 19 ini belum dinyatakan hilang dari penyebarannya hampir di setiap daerah. Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid - 19 masyarakat miskin. Sebanyak 49 Keluarga Penerima manfaat(KPM) Desa Gunung Kembang menerima Bantuan langsung Tunai(BLT) dana Desa tahap pertama.

Pj Kepala Desa Gunung Kembang Supintri,S.Sos.M.Si mengatakan semoga dengan pembagian BLT ini mampu membantu masyarakat untuk lebih aman nyaman menjalankan ibadah puasanya karena sudah mendapatkan rezeki bantuan dari Pemerintah Pusat. "Kalau kita lihat pembagian BLT sebelumnya memang mengalami penurunan jumlah KPM nya untuk tahun 2020 sebelumnya kita menyalurkan BLT sebanyak 99 KPM sedangkan untuk tahun 2021 49 KPM yang akan diberikan sebesar Rp. 300.000,- dengan total sampai bulan Desember Rp 3.600.000.,-" kata Supintri di Kantor Desa, Senin(12/04).

Untuk BLT saat ini diprioritaskan bagi masyarakat miskin yang belum tersentuh oleh bantuan Pemerintah dalam bentuk apapun seperti Prakerja, UMKM dan sebagainya.Semoga uang yang diterima ini bisa membantu masyarakat memasuki bulan puasa ini serta bisa dijadikan modal untuk mencari rezeki seperti berjualan takjil.

Untuk tahap selanjutnya dari hasil pembagian tahap pertama ini,akan diserahkan ke BPKAD untuk diproses tahap kedua,karena saat ini prosesnya berbeda untuk BLT ini uangnya terpisah dengan Anggaran Dana Desa,uang BLT ini bisa dicairkan apabila administrasi BLT tahap pertama sudah diserahkan. "Nantinya berita acara pembagian BLT tahap pertama ini akan diinput dalam aplikasi Onspam,Sehingga BLT ini tidak bisa kami bagikan sekaligus walaupun saat ini sudah memasuki bulan keempat bulan April 2021,karena aturannya seperti itu," jelasnya.

Semoga masyarakat bisa mengerti dengan kondisi aturan yang ada,jangan pernah merasa bahwa Pemerintah Desa ini sengaja memperlambat penyalurannya,maunya Pemerintah Desa kalau bisa BLT inmi sekaligus diberikan sampai empat bulan tetapi ini bertentangan dengan aturan.Untuk tahap selanjutnya pihaknya akan secepat mungkin mencairkan dana tersebut kalau nanti pun bisa dilakukan satu minggu sekali akan dilakukan,sampai bulan April atau sampai normal yang akan dibagikan satu bulan sekali. "Tidak lupa juga disampaikan dengan masyarakat,menjelang puasa ini kami minta masyarakat tetap menggunakan masker,mencuci tangan dan menjaga jarak dalam menjalan ibadah puasa.Semoga puasa kita tahun ini apa yang menjadi keinginan kita bisa terkabul," Pungkas Supintri.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: