Berpeluang Besar, Lebaran Juga Serentak

Berpeluang Besar, Lebaran Juga Serentak

Zahdi Taher : Kita Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

RBO >>> BENGKULU >>>  Pada tahun 2021 ini, awal masuk Bulan Suci Ramadan 1442 H serentak di Indonesia. Kemungkinan besar meskipun masih perlu dilakukan hisab rukhyatul hilal, namun lebaran Idul Fitri kali ini juga berpeluang serentak.

“Untuk penetapan Hari Raya Idul Fitri,  besok (Hari Selasa –red) kita baru akan melaksanakan hisab rukhyatul hilal secara serentak bersama Menteri Agama. Kita di daerah seperti biasanya akan ikut memantau pergerakan bulan dan bintang. Kalau untuk Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, kami mulai pukul 17.00 WIB sore Selasa akan meneropong dari atas Mess Pemda Bengkulu,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs H. Zahdi Taher M.HI saat dihubungi radarbengkuluonline.com  Minggu (9/5) siang.

Meskipun jadwal di kalender itu Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, tanggal 13 Mei 2021, namun untuk kepastiannya tetap harus menunggu keputusan resmi dari pemerintah. “Saya tidak bisa memastikan. Bisa saja di kalender tanggal 13, namun nanti setelah kita melihat pergerakan bulan dan bintang, kemudian berdasarkan laporan seluruh Kanwil Kemenag se Indonesia, baru Menteri Agama RI akan menyampaikan secara resmi keputusannya, apakah lebaran tanggal 13 Mei atau bukan,” terang Zahdi.

Kemudian, peluang lebaran kali ini serentak menurut Zahdi cukup besar. Sebab, awal Ramadan kemarin serentak, “Mudah-mudahan lebaran nanti juga serentak. Kalaupun nanti terdapat perbedaan, itu hal yang biasa dan tidak perlu jadi perdebatan. Selain itu, dalam lebaran kali ini, sesuai dengan keputusan pemerintah pusat kita masih berada di tengah pandemic Covid-19, sehingga untuk pawai takbiran ditiadakan. Cukup takbiran dirumah saja bersama keluarga,” pungkas Zahdi. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: