Tingkatkan Kemampuan Aparatur, Pemkab Mukomuko Kerjasama dengan FEB Unib

Tingkatkan Kemampuan Aparatur, Pemkab Mukomuko Kerjasama dengan FEB Unib

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Guna mewujudkan visi dan misi serta perubahan bagi Kabupaten Mukomuko yang lebih baik, Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan-Wasri melakukan bebagai kebijakan. Salah satu yang menjadi konsen Bupati yaitu peningkatan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dalam bidang pengelolaan keuangan daerah.

Dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kerja jajaran Pemkab Mukomuko akan lebih efektif dan efesien. Untuk itulah, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA berencana bakal menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu (FEB-Unib).

Rencananya, Pemkab Mukomuko akan bekerjasama dengan FE Unib membuka kelas dengan minat khusus beasiswa S2 bagi ASN. Tentu ini menjadi kesempatan emas bagi ASN Mukomuko untuk meningkatkan kemampuan khususnya dalam bidang pengelolaan keuangan daerah.

Kerjasama Pemkab Mukomuko dengan FEB Unib ini tidak hanya dalam bidang kuliah S2, peningkatan kapasitas dengan metode pelatihan juga akan dilakukan. Bahkan untuk pelatihan, dalam waktu dekat ini  segera dilaksanakan. Hal ini diakui Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unib, Dr. Fachruzzaman, SE., MDM., Ak., CA., Asean CPA kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

"Pak Bupati Sapuan cukup konsen dalam meningkatkan kemampuan ASN. Caranya ada dua pola, Degree (sekolah formal/S2). Kemudian, Non Degree (pelatihan). Kami menyikapinya, untuk Degree atau pelatihan kami buat satu pelatihan bagi aparatur di Mukomuko. Rencananya bulan Juli," ungkap Fachruzzaman.

Sembari kerjasama pelatihan itu jalan, lanjutnya, pihak FEB Unib dengan Pemkab akan terus mematangkan rencana kerjasama mengenai beasiswa S2 kelas dengan minat khusus. "Sebab, kita paham, untuk penggunaan uang daerah butuh proses pengalokasian," kata Fachruzzaman.

Dijelaskannya, spesifik jurusan S2 yang bakal dibuka jika kerjasama ini terjalin, yaitu magister akutansi publik atau akutansi pemerintahan, itu dibawah jurusan magister akutansi. "Intinya, kita (FEB Unib) siap mendorong peningkatan kemampuan ASN Mukomuko yang dicanangkan Bupati," tegasnya.

"Tapi, membuka kelas khusus ini bukan berarti Unib membuka kelas di Mukomuko. Bukan begitu. Tetap aturan mekanisme perkuliahannya mengikuti aturan Unib. Artinya, kuliah tetap di Unib. Siapa ASN yang akan dikirim untuk mengikuti jenjang S2 nanti, itu Pemkab Mukomuko yang mengatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pungkasnya.

Sementara, dari pihak Pemkab Mukomuko melalui Sekretaris Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Edy Suntono, SH membenarkan ada rencana program beasiswa S2 bagi ASN Mukomuko.

Dikatakan Edy, atas perintah Bupati, pihak BKPSDM pada Jumat (18/6) lalu telah melakukan pertemuan dengan pihak FEB Unib. Sekaligus pertemuan itu dihadiri oleh ASN yang bergelar sarjana ekonomi.

"Memang ada rencana beasiswa S2 bagi ASN. Sekarang masih tahap pematangan. Kemarin itu, Pak Bupati meminta kepada kami untuk mendata ASN yang tamatan S1 ekonomi, kita kumpulkan dan bertemu dengan pihak Unib. Pak Bupati menginginkan peningkatan kapasitas SDM kita digenjot, baik dengan pola pelatihan ataupun sekolah formal. Konsepnya sedang dan terus kita matangkan," pungkas Edy. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: