Pemprov Perkuat RS Rujukan, Terkait Penanganan Pasien Gejala Ringan dan Sedang

Pemprov Perkuat RS Rujukan, Terkait Penanganan Pasien Gejala Ringan dan Sedang

RBO >>>  BENGKULU >>>   Terkait dua Rumah Sakit (RS) ruang isolasi pasien Covid-19 terisi penuh, Pemprov Bengkulu melalui Dinkes Provinsi Bengkulu akan memaksimalkan RS Rujukan yang ada di Kabupaten/Kota bagi pasien memiliki gejala ringan dan sedang. "Dalam seminggu terakhir ini ruang rawat inap atau BOR, terjadi peningkatan jumlah pasien positif di atas 80 persen, tentunya kami akan mempererat peran RS Rujukan yang ada di Kota Bengkulu untuk dapat menyiapkan ruang isolasi bagi pasien yang dirawat dengan memiliki gejala ringan dan sedang," ujar Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, H.Herwan Antoni, SMK, M.Kes, M.Si kepada radarbengkuluonline.com  Selasa (29/6).
Selain itu, pihaknya akan menambah RS Rujukan seperti RS Tiara Sella, RS Gading Medika, RS Rafflesia dan RS Ummi untuk di SK kan oleh Gubernur. Di samping itu akan ada penambahan ruang rawat inap bagi RS M.Yunus, dan RSHD Kota untuk mempersiapkan untuk penambahan ruang rawat inap. "Kami juga memperkuat deteksi dengan cara meningkatkan pelacakan kontak erat, 1 kasus positif minimal dilakukan kontak tracing sebanyak 15 orang, dan memperbanyak pemeriksaan spesimen pada kelompok berisiko," jelasnya.
Cara lain agar penekanan kasus positif, Provinsi Bengkulu akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Skala Mikro. Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari semua elemen terkait. Terutama Satgas Covid-19 yang berskala mikro, untuk melakukan pengembagan wilayah, melakukan upaya pencegahan, melakukan upaya penanganan terhadap wilayah kerja masing-masing. Terutama pada zona oranye dan merah.
"Sehingga, ada Kabupaten/Kota dinyatakan zona oranye dan merah, artinya ada terpapar Covid-19. Inilah yang harus diupayakan kontak tracing, tritmen yang lebih banyak lagi. Apalagi bagi pasien yang tidak punya gejala OTG," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: