Kenalkan Kopi  Bengkulu, Gub Rohidin “Ngopi Bareng Dayana” Selegram Khazakhstan

Kenalkan Kopi  Bengkulu, Gub Rohidin “Ngopi Bareng Dayana” Selegram Khazakhstan

RBO, BENGKULU - Walaupun pandemi covid-19 bukan menjadi halangan untuk memperkenalkan produk unggulan seperti halnya kopi. Hal ini yang dilakukan Bengkulu dalam memperkenalkan produk kopinya ke negara Khazakhtan melalui acara minum kopi bersama di Virtual Coffee Session. “Ngopi Bareng Dayana”. Dayana merupakan seorang Selebgram setempat berjanji akan memperkenalkan kopi di negaranya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan disaat serba keterbatasan saat pandemi ini bukan menjadi halangan bagi kita untuk terus memperkenalkan dan memasarkan produk kopi Bengkulu meski hanya melalui aplikasi virtual yang berbasis internet ini, dan ini tidak memutus hubungan kita ke negara lain.

"Kita kan tidak bisa secara langsung ke negara Khazakhstan, jadi melalui aplikasi yang dibuat secara khusus ini kita bisa memperkenalkan ke unggulan kopi Bengkulu," kata Rohidin saat dihubungi (12/07/2021).

Rohidin mengatakan kalau di Aceh ada Gayo, maka Bengkulu ada Bencoolen Coffee yang memperkenalkan robusta petik merahnya, bahkan Bencoolen Coffee ini pernah menjuarai tiga penghargaan terbaik dunia saat di Francis. Hari ini kita akan bekerjasama dengan kedutaan di Khazakhstan dalam memperkenalkan Bencoolen Coffee ini.

"Saya sudah meminta pihak kedutaan setempat agar bisa membantu kita dalam memperkenalkan produk Bencoolen Coffee," papar Rohidin .

Rohidin juga menambahkan kalau saat ini Dayana seorang youtuber ternama di Khazakhtan juga berjanji akan mempromokan Bencoolen Coffee bersama komunitasnya, ini dinyatakan Dayana saat ikut dalam virtual meeting bersama memperkenalkan kopi Bengkulu.

"Kita sangat senang karena Dayana juga mengaku sangat menyukai kopi Bengkulu dan berjanji akan menjadi brand ambassador kita disana," ujar Rohidin.

Rohidin berharap melalui acara Ngopi Bareng Dayana bisa menjadi pintu masuk utama untuk mengenalkan Kopi Bengkulu yang memiliki taste unik ini secara nasional bahkan mendunia. "Kita mengundang Dayana Asembayeva dan seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia untuk sewaktu-waktu datang ke Bengkulu untuk menikmati secangkir kopi dan menikmati indahnya alam Bengkulu," promo Rohidin.

Duta Besar RI di Khazakhtan, Rahmat Pramono, mengatakan Bencoolen Coffee sebagai salah satu yang memiliki visi progresif dalam mengenalkan kopi Indonesia ke kancah dunia. "Saya senang Bencoolen telah menghubungi kedai kopi di Kazakhstan dan setuju untuk melanjutkan kerjasama lebih lanjut. Dilihat dari data statistik, sejak dua tahun terakhir KBRI Nur Sultan mulai fokus impor biji kopi ke kazahstan dari Indonesia," kata Rahmat.

Rahmat Pramono berharap Bencoolen Coffee dapat menjadi bagian dari peningkatan impor biji kopi dari Indonesia.

Selebgram Khazakhstan Dayana Asembayeva mengatakan baru pertama mencoba kopi Bengkulu dan rasanya sangat enak, ada aroma khas yang unik di kopi Bengkulu, dan mengaku baru pertama mencoba langsung suka. "Saya suka Bencoolen Coffee dan saya bersama komumitas saya akan mempromokan Bencoolen Coffee di Khazakhstan," kata Dayana saat mengikuti Zoom bersama Gubernur Bengkulu.

Ceo Bencoolen Coffee, Lucky Widja mengatakan di Indonesia begitu banyak kopi dan salah satunya kopi asal Bengkulu yang terkenal dengan robustanya, karena Bengkulu merupakan provinsi ketiga terbesar di Indonesia penghasil robusta. "Kita akan mencoba pasar dunia salah satunya di Khazakhstan, meski hanya dilakukan secara virtual namun cara ini cukup efektik dilakukan semasa pandemi, karena tujuan kita memperkenalkan kopi Bengkulu," kata Lucky.

Lucky juga mengatakan agar di Negara Khazakhstan juga bisa langsung dapat menikmati kopi Bengkulu dengan seduhan yang khas, pihaknya akan mencoba mengembangkan kedai kopi Bengkulu dinegara tersebut, karena kopi yang dijual merupakan olahan khusus, yaitu robusta petik merah, dijemur menggunakan rumah jemur (Dome) sehingga menghasilkan kopi premium yang sempurna.

"Ditambah dibantu sama Dayana disana, kopi Bengkulu bisa menarik perhatian masyatakat Khazakhtsan," singkat Lucky.

Lucky, mengharapkan agar para pihak semakin bisa bersinergi untuk mengenalkan budaya Indonesia lebih luas lagi ke seluruh dunia, juga kopi Indonesia khususnya Kopi Bengkulu supaya dapat diterima dan disukai oleh para penikmat kopi khususnya di Kazahstan.

Lucky menjelaskan Produk kopi termasuk dalam prioritas utama untuk dipromosikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di seluruh dunia. Bencoolen Coffee adalah salah satu produk yang dipromosikan oleh KBRI ke seluruh dunia. Acara virtual tersebut dihadiri oleh Bapak Rohidin Mersyah selaku Gubernur Bengkulu, Bapak Rahmat Pramono selaku Duta Besar RI untuk Kazakhstan, Tim KBRI Nur Sultan, Dayana Asembayeva sebagai brandambassador Bencoolen Coffee di Kazahstan, para pendukung Dayana dan seluruh mitra Bencoolen Coffee dan Warkop Digital. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: