Edukasi Masyarakat dengan Literasi Digital di Kabupaten Rejang Lebong

Edukasi Masyarakat dengan Literasi Digital di Kabupaten Rejang Lebong

RBO, BENGKULU - Dosen UM Bengkulu dan Kabid. Kemitraan RTIK Prov Bengkulu, EKA SAHPUTRA, M.KOM pada sesi Digital Ethics memaparkan tema “ETIKA MENGHARGAI KARYA ATAU KONTEN ORANG LAIN DI MEDIA SOSIAL”. Eka menjelaskan pemetaan generasi dari digital immigrant, merupakan gambaran seseorang yang selama masa kehidupan anak hingga dewasa terjadi sebelum berkembangnya computer.

Digital native merupakan gambaran seseorang yang sejak kelahirannya telah terpapar gencarnya perkembangan teknologi. Etika menghargai konten orang lain dapat dilakukan dengan cara, memberikan saran dan kritik yang memotivasi, memahami perbedaan, bukan pembajak, meminta izin, dan tidak menjiplak karya.

Kasi Bina Usaha Koperasi dan UKM Dinas Koperasi & UMK Kab. Rejang Lebong SYAHRULLAH, SE dalam Digital Culture menyampaikan materi dengan tema “PERAN LITERASI UNTUK MENGUBAH MINDSET KONSUMTIF MENJADI LEBIH PRODUKTIF”. Syahrullah menjelaskan peran literasi digital untuk memudahkan mencari informasi terkini secara cepat, memperluas jaringan, dan berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif.

Contoh penerapan literasi digital adalah memanfaatkan media sosial sebagai sarana peningkatan usaha dan kewirausahaan. Tips mengubah mindset konsumtif menjadi lebih produktif dengan cara menyusun anggaran belanja, menabung, menetapkan prioritas, hindari penggunaan kartu kredit, dan mulai berinvestasi.

Creative Concept & Directur Expert, Planet Design Indonesia dalam Sesi Digital Skill, oleh OLEG SANCHABAKHTIAR. Oleg membahas tema “TIPS DAN TRICK CARA MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK BAGI GENERASI MILENIAL”. Oleg menjelaskan beberapa tips dan trik membuat konten menarik dan mempunyai nilai positif dengan cara, isi konten yang berkualitas dan kemasan sesuai marketnya, berkualitas mudah untuk ditemukan, berkualitas mudah untuk dibaca, berkualitas mudah untuk bisa dibagikan, dan kualitas yang bagus akan selalu diingat.

Narasumber terakhir pada sesi Digital Safety, DRS. RUSMANTO, M.M (Wakil Ketua Komite Penyelarasan TIK). Rusmanto mengangkat tema “FUNGSI KEAMANAN DAN PIN, PASSWORD, TWO FACTOR AUTHENTHICATION, DAN OTP). Rusmanto menjelaskan cara mengamankan pin dengan cara tidak membuat PIN sesuai dengan tanggal lahir. Manfaat password dan menjaga rahasia password adalah membuat password berupa angka, huruf, atau karakter tertentu. Agar akun email tetap aman, aktifkan 2FA. 2FA merupakan kode rahasia pengaman ganda, namun jika sudah mengaktifkan 2FA , tidak ada jaminan 100% aman.

Webinar diakhiri oleh Content Creator dan Influencer dengan followers 10,5 ribu, CHRISTOPHER OBADIAH. Beliau menyimpulkan materi yang sudah dibahas oleh para narasumber seperti, literasi digital dapat membuat seseorang menjadi kritis dan kreatif, etika menghargai konten orang lain dengan memahami perbedaan, buatlah konten yang orisinil, berkualitas, dengan headline menarik, dan aktifkan 2FA untuk menjadi keamanan PIN.

Kegiatan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II. Mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema.

Sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Bengkulu yaitu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: