Serapan DD Tahap I Desa Talang Buai Sudah 75,74 Persen

Serapan DD Tahap I Desa Talang Buai Sudah 75,74 Persen

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya berhasil menyerap Dana Desa (DD) tahap I hingga mencapai 75,74 persen. Dimana anggaran tahap pertama tersebut digunakan untuk peningkatan (rabat beton) Jalan Usaha Tani (JUT) dengan ukuran panjang 200 meter, tebal 0,15 cm dan lebar 3 meter. Kemudian penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) juga sudah terealisasi 5 bulan. Capaian serta serapan anggaran tersebut berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) tim dari kecamatan tempo hari.

Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM dalam kegiatan itu mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan tim Monev, masih ada beberapa catatan yang harus ditindaklanjuti. Diantaranya yaitu, kelengkapan SPJ penggunaan anggaran. Sejauh ini realisasi anggaran sudah cukup bagus. Namun, berkas administrasi pertanggungjawabannya masih banyak yang belum lengkap.

"Demikian juga dengan realisasi pembangunan fisik juga sudah cukup bagus dan progres pekerjaannya sudah bagus. Tetapi kita harap Pemdes segera melengkapi semua SPJ penggunaan anggaran yang belum lengkap."

Sementara itu, Kasi Ekobang, Redi Setiawan menambahkan, sejauh ini DD sebesar 8 persen juga sudah terealisasi sebesar Rp 17 juta. Kemudian berdasarkan anggaran tahap I yang sudah terserap dan progres pembangunan fisik, Pemdes Talang Buai sudah bisa menyampaikan pengajuan pencairan tahap II.

"Serapan anggaran dan pencapaian progres pekerjaan fisik sudah bagus. Tetapi yang masih menjadi kendala saat ini yaitu kelengkapan SPJ penggunaan anggaran. Kita harap Pemdes Talang Buai, khususnya Kaur Keuangan dan Sekdes segera melengkapi semua kwitansi dan SPJ penggunaan anggaran." (ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: