Hewan Kurban di Mukomuko 1.358 Ekor

Hewan Kurban di Mukomuko 1.358 Ekor

 1.038 Sapi, 249 Kambing, dan 71 Ekor Kerbau

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Total hewan kurban yang telah dan bakal disembelih di Kabupaten Mukomuko mencapai 1.358 ekor. Jika dihitung berdasarkan jenis, rinciannya 1.038 ekor sapi, 249 ekor kambing, dan 71 ekor kerbau dijadikan hewan kurban oleh masyarakat di daerah ini.

Ribuan hewan kurban itu tersebar di 15 kecamatan. Rinciannya, di Kecamatan Penarik 173 ekor, Kecamatan Kota Mukomuko, 139 ekor, Lubuk Pinang 131 ekor, Sungai Rumbai 130. Kemudian Kecamatan Air Manjuto dan Pondok Suguh masing-masing 119 ekor, XIV Koto 109 ekor, Air Rami 95 ekor, Ipuh 91 ekor, Teramang Jaya 68 ekor, Teras Terunjam 62 ekor, V Koto 49 ekor, Selagan Raya 33 ekor, Air Dikit 21 ekor, dan Malin Deman 19 ekor. "Dari data yang kita miliki total hewan kurban di Mukomuko tahun ini mencapai 1.358 ekor. Data itu kami himpun dari pengurus-pengurus masjid di 15 kecamatan," ungkap Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Mukomuko, Peri Irawan kepada radarbengkuluonline.com Selasa (20/7).

Katanya, ribuan hewan kurban itu, selain sudah ada yang dipotong hari ini (kemarin) pemotongan juga akan dilanjutkan besok (hari ini) dan tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan pada hari ketiga Idul Adha. Ditambahkan Peri, bahwa dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini, panitia dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Agama. "Alhamdulillah mayoritas panitia dan masyarakat dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan."

Terpisah, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Warsiman mengatakan, hewan kurban yang telah dan akan disembelih ini sehat. Tidak ditemukan hewan yang sakit atau terjangkit penyakit atau virus Jembarana. Hal ini setelah dilakukan pemerikasaan oleh petugas Keswan setiap hewan yang akan disembelih untuk kurban di daerah ini. "Dari hasil pemerikasaan kesehatan hewan oleh para petugas di lapangan tidak ditemukan hewan yang sakit atau terjangkit penyakit Jembran. Semua sehat." (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: