Urus Adminduk, Nikmati Air Terjun Dukcapil Seluma Nan Indah

Urus Adminduk, Nikmati Air Terjun Dukcapil Seluma Nan Indah

Dirancang Menjadi Objek Wisata Baru

RBO >>>  SELUMA >>>  Sudah pernah dengar air terjun Dukcapil ? Curahan air alami dan udara sejuk ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang belum banyak terjamah oleh masyarakat. Tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang luar biasa.

Air terjun yang berada di belakang Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Seluma akan menjadi destinasi objek wisata baru warga Kabupaten Seluma khususnya, dan masyarakat Bengkulu pada umumnya. Air terjun yang baru ditemukan ini, berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Dukcapil dan masih alami. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Seluma, Hj Irzani Rosyid M.Si melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Sapri SE mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan survey dan pembersihan di air terjun yang berada di lahan Dukcapil tersebut.

" Air terjun berada tepat di belakang Kantor Dukcapil. Berjarak sekitar 100 meter, menurun melewati belukar. Baru terekflore beberapa bulan lalu, dan ternyata indah. Selain airnya yang jernih dan suasanya asri, ketinggian air terjun sekitar 6 meter," katanya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang .

Menurutnya, adanya penemuan objek wisata baru itu akan menambah potensi icon wisata baru. Namun demikian, perlunya dukungan dan kerjasama dari sejumlah pihak untuk membangun dan melestarikan wisata tersebut. " Debit air terancam makin lama makin mengecil karena aktivitas perkebunan warga di hulu sungai ataupun adanya pembangunan lainnya. Karena keberadaan air terjun berada di areal kompleks tanah perkantoran dan perkebunan warga," kata Sapri.

Belum dimanfaatkannya secara optimal, sehingga saat ini masih membutuhkan perjuangan ekstra untuk turun ke lokasi. Selain jalannya yang licin, semak belukar dan menggunakan jalur setapak. " Jika dioptimalkan, selain menarik pengunjung, warga yang berurusan adminduk di Dukcapil juga bisa menyempatkan diri bertamasya ria dan menikmati indahnya air terjun sembari menunggu proses adminduk selesai."  (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: