Desa Harus Percepat Penyaluran BLT-DD

Desa Harus Percepat Penyaluran BLT-DD

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko terus dorong Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan Juni, Juli dan bulan Agustus. Sebab, anggaran untuk BLT-DD yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah masuk ke rekening masing-masing desa. Kini tinggal disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah disepakati dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) beberapa waktu lalu.

Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM melalui Kasi Ekobang, Redi Setiawan mengatakan, masing-masing desa di Selagan Raya sudah menerima anggaran BLT-DD. Pihaknya berharap masing-masing desa untuk segera menarik anggaran BLT tersebut dan langsung menyalurkan ke penerima yang sudah ditetapkan. "Ya, sejauh ini semua desa sudah menerima anggaran BLT-DD. Dan tinggal penyaluran. Kita harap desa memprioritaskan penyaluran BLT-DD sebelum merealisasikan kegiatan fisik," kata Redi kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dikatakan Redi, dana khusus untuk penyaluran BLT-DD sudah ditransfer ke rekening desa pada Jumat 30 Juli lalu. Namun, yang sudah menyalurkan BLT-DD saat ini baru dua desa. Yaitu, Desa Suryan Bungkal, Desa Sungai Ipuh dan Desa Sungai Ipuh Satu. Sementara desa yang lain belum ada kabar kapan dana BLT-DD disalurkan. "Sampai hari ini (kemarin red) baru tiga desa yang sudah bagikan BLT-DD. Kita harap desa yang belum ini agar segera menyalurkan. Karena penyaluran BLT-DD termasuk dalam prioritas penggunaan DD tahun 2021."

Ditambahkannya, BLT-DD bulan Juni, Juli dan bulan Agustus harus disalurkan sekaligus. Namun, SPJ penyalurannya tetap tiga, sesuai dengan petunjuk teknis. Dimana besaran BLT-DD per bulan yaitu Rp 300.000. "Ya, penyaluran BLT-DD harus dilakukan tiga bulan sekaligus. Karena bulan pertama dan bulan kelima sudah selesai disalurkan pada saat pencairan DD tahap I. Sekarang tidak ada alasan desa belum menyalurkan BLT-DD. Karena dana untuk BLT-DD sudah masuk ke rekening desa." (ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: