KKT Mulai Laksanakan Ritual, Tabut Besanding Dekat Mesjid Jamik

KKT Mulai Laksanakan Ritual, Tabut Besanding Dekat Mesjid Jamik

RBO >>>  BENGKULU >>>  Tahun Baru Islam 1 Muharram tiba. Kelompok Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bencoolen mulai melaksanakan kegiatan ritual tabut. Hal itu seperti disampaikan oleh Ketua KKT Bencoolen, Ir Syiafril Syahbuddin. Dia mengungkapkan bahwa pada Minggu, 8 Agustus pukul 20.00 WIB, mereka mulai melaksanakan ziarah dan doa di mashad Imam Senggolo, Karbala Benkulen.

“Kita mulai melaksanakan ritual kegiatan tabut dengan ziarah dan doa di makam Imam Senggolo. Lalu besok (Hari ini Senin-red) kami akan melaksanakan doa bersama memohon keselamatan bagi kita semua hingga satu tahun kedepan ba'da salat Ashar,” ungkap Syiafril kepada radarbengkuluonline.com  (8/8).

Kemudian untuk prosesi ritual tabut lainnya secara keseluruhan ditengah wabah pandemic Covid-19 dan pemberlakuan PPKM, sesepuh Tabut Bengkulu itu memastikan mereka tetap akan melaksanakannya. “Kita sudah menyusun jadwal kegiatan sesuai tahapan prosesi ritual tabut. Untuk puncaknya tabut tebuang itu dilaksanakan pada Hari Kamis, 19 Agustus mulai pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk tabut besanding Hari Rabu Malam Kamis tanggal 18 Agustus. Kemungkinan, akan dilaksanakan di dekat Mesjid Jamik, tepatnya di seberang SMPN 1 Kota Bengkulu,” singkat Syiafril. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: