Aplikasi E-Learning, Belajar Daring Lebih Efektif

Aplikasi E-Learning, Belajar Daring Lebih Efektif

RBO >>>  BENGKULU >>>  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Kota Bengkulu untuk proses kegiatan belajar siswa tahun ajaran 2021-2022 tetap menerapan sistem daring. Hanya saja, pihak sekolah mempermudah siswa belajar melalui aplikasi E-Learning, yang sudah berjalan selama tiga semester.

Kebijakan mengajar guru dari rumah, dan belajar siswa dari rumah menuai banyak tanggapan. Pasalnya metode belajar satu arah seperti guru memberi tugas, dan murid mengerjakan dinilai kurang efektif.

Kepala MAN 1 Model, Faisal Abdul Aziz, M. Ag, melalui Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Brenny Nofriansyah, P.hd, mengatakan, belajar daring MAN 1 Model, pihaknya sudah menyediakan website E-Learning yang dapat diakses oleh guru dan siswa untuk membuat suasana belajar menjadi lebih efektif. Melalui website ini, kata Brenny, guru dapat membuka kelas daring, melakukan absensi siswa, bahkan dapat melakukan percakapan di dalam website tersebut.

Selain itu, lanjutnya, beberapa dewan guru juga mengajar melalui aplikasi video converence, yang memudahkan guru dalam menjelaskan materi secara langsung. " Untuk saat ini, pada masa Pandemi Covid-19 pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan harapan mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu," kata Brenny  kepada radarbengkuluonline.com Senin (9/8).

Sementara itu, seorang siswa MAN 1 pun ikut menyampaikan pendapatnya mengenai solusi pembelajaran yang dilakukan ditengah pandemi. Diakui oleh siswa ini, awalnya sistem guru yang memberikan tugas dan siswa mengerjakan terasa membosankan, menjadi beban bagi para siswa. Dengan adanya website E-Learning yang diluncurkan oleh pihak sekolah, menurutnya, sedikit memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas, serta dengan adanya metode pengajaran melalui video. "Video converence, memudahkan kami dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru," kata Try Hanna siswa kelas XI IPA ini. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: