SMKN 4 Kota Bengkulu Jadi SMK Pusat Keunggulan Pertama di Kota

SMKN 4 Kota Bengkulu Jadi SMK Pusat Keunggulan Pertama di Kota

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu menjadi satu-satunya SMK di Kota yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan. Kemarin (23/8) bertempat di gedung COE, SMKN 4 Kota menggelar sosialisasi dan workshop penyusunan program SMK Pusat Keunggulan (PK), dengan perguruan tinggi pendamping, yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang (POLSRI), melalui daring dan luring. Untuk pihak POLSRI mengikuti kegiatan ini melalui zoom meeting dikarenakan PPKM di Palembang.

Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd menjelaskan terkait sosialisasi dan workshop yang digelar ini memastikan dan menyusun program SMK PK sampai bulan Desember 2021, hal apa saja yang dilakukan untuk mendukung program SMK PK tersebut. Diantara program SMK PK ini, harus ada kurikulum bersama dengan pihak mitra (POLSRI). Nantinya pihak industri akan memberikan masukan ke sekolah, dari kurikulum tadi apa saja yang dibutuhkan. Selain itu, dewan guru akan magang selama satu bulan untuk belajar di industri. Setelah itu baru mengajar kembali di sekolah. "Kami didukung juga dengan platfom guru secara digital, mengikuti perkembangan teknologi menuju 5.0," ujar Paidi dalam sambutannya kemarin (23/8).

Paidi juga mengatakan, ada satu program besar yaitu SMK PK itu harus menerapkan kurikulum operasional sekolah. Kurikulum ini berbeda dengan kurikulum 2013. Yang terpenting kurikulum operasional sekolah itu, sekolah harus menerapkan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja. Maka dari itu, dewan guru magang ke industri, modul pembelajaran dibuat bersama industri. Harapannya budaya kerja cocok dengan dibutuhkan oleh pihak industri. "Untuk di sekolah kami, In sya Allah, kami akan menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin)," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama POLSRI, Drs. Zakaria, M.Pd mengatakan, pihaknya mendampingi SMK PK sebanyak 12 SMK, 7 SMK di Sumatera Selatan, 2 di Provinsi Bengkulu, dan 2 lagi di Lampung. Untuk Provinsi Bengkulu, SMKN 4 Kota, dan SMKN 4 Lebong. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengunjungi SMK PK binaan. Sebagai pendamping bagi SMK PK, pihaknya perlu mengkaji proposal yang sudah ada, dan merekomendasi terhadap program yang disampaikan. Tentunya, secara bersama-sama akan melihat dampak dari program jangka pendek maupun panjang. "Kami mendapat tugas ini dari tanggal 19 Juli sampai 21 Desember 2021," ungkapnya.

Disisi lain, Kabid Pembinaan SMK Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, Drs. Buslan, M.Pd, M.Si dalam sambutannya mengatakan, untuk Provinsi Bengkulu baru 12 SMK yang ditetapkan sebagai SMK PK. Menurutnya, SMK PK merupakan tujuan dari pemerintah seluruh SMK akan di PK kan. Buslan bersyukur mendapatkan penghargaan tersebut. Ini merupakan usaha kepala sekolah dan seluruh dewan guru, sehingga sukses ditetapkan sebagai SMK PK. Maka dari itu, bantuan seluruh pihak agar SMKN 4 jadi SMK PK yang sebenarnya. "Kami berpesan kepada dewan guru, ikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga tahu sekolah PK itu yang seperti apa." (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: