Pilkades Dimulai di Selagan Raya, BPD Diminta Bentuk Panitia

Pilkades Dimulai di Selagan Raya, BPD Diminta Bentuk Panitia

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko mulai melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang tiga tahun 2021. Sejauh ini panitia Pilkades tingkat Kabupaten sudah selesai dibentuk. Berdasarkan keputusan Bupati Mukomuko Nomor 100-265 tahun 2021 tentang panitia pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Mukomuko. Berdasarkan keputusan tersebut Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diminta untuk membentuk panitia pemilihan kepala desa (bagi desa yang melaksanakan Pilkades).

Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM mengatakan, berdasarkan schedule tahapan Pilkades yang disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko. Saat ini tahapannya adalah sosialisasi dan FGD Pilkades serentak 2021 dimulai sejak 18 Agustus 2021 hingga 16 September mendatang. "Berdasarkan surat dari Dinas PMD tanggal 26 Agustus hingga 1 September mendatang, BPD diminta membentuk panitia pelaksanaan Pilkades. Dan pada tanggal 2 September hingga tanggal 3 September BPD diminta menyampaikan Surat Keputusan (SK) panitia yang sudah dibentuk ke bupati melalui camat," ucap Khairul Saleh kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Setelah pembentukan panitia, lanjut Khairul Saleh, tahapan selanjutnya panitia yang sudah dibentuk segera merencanakan program dan kegiatan. Mengajukan biaya dan perlengkapan Pilkades serta mengumumkan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkades. Pihaknya dari kecamatan berharap schedule tahapan-tahapan Pilkades yang disampaikan Dinas PMD ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. "Sechedule tahapan Pilkades ini akan kita sampaikan ke Desa yang melaksanakan Pilkades. Sehingga BPD langsung bisa bergerak," imbuhnya.

Untuk diketahui, khusus untuk wilayah Kecamatan Selagan Raya terdapat dua desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini. Yaitu, Desa Talang Buai dan Desa Lubuk Bangko. Berdasarkan data yang terhimpun wartawan RADAR BENGKULU, menjelang pendaftaran Pilkades dibuka, nama-nama bakal calon yang akan maju dalam Pilkades sudah mulai bermunculan dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Khusus untuk Desa Lubuk Bangko saat ini ada dua nama bakal calon yang muncul. Yaitu, Juanda Putra dan Walman. Sementara di Desa Talang Talang Buai ada tiga nama. Yaitu, Asril, Bizardi dan Leza Mahendra.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: