Peran Komite Sekolah Tetap Penting

Peran Komite Sekolah Tetap Penting

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, M.Pd mengatakan, terkait wacana Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi jenjang SMA/SMA digratiskan, menurutnya peran komite sekolah tetap sangat penting untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan sekolah.

"Peran komite sekolah tetap ada. Yang gratis itukan SPP dan Iuran Pembiyaan Pendidikan (IPP). Kalau untuk peningkatan mutu sekolahkan perlu didukung oleh pihak komite, dana dari orangtua siswa yang difasilitasi hasil rapat sekolah, komite dan orangtua," ujar Eri kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Menurutnya, SPP itu banyak kategorinya. Bukan hanya soal SPP saja. Sehingga Gubernur Bengkulu membuat rencana program yang menyentuh hati masyarakat. Yaitu, SPP. Artinya apa ada yang bisa digratiskan, yang tidak bisa digratiskan, uang pakaian, praktik, uji kompetensi bagi siswa SMK dan sebagainya, nah itukan perlu adanya bantuan dana dari orangtua, melalui hasil kesepakatan bersama.

"Sebenarnya begini. Pihak sekolah dan komite sudah sangat bijak. Ada yang siswa tidak membayar sepeserpun karena benar-benar tidak mampu, ada yang setengah, ada yang full. Itukan sudah ada kesepakatan pada rapat komite. Artinya apa, tunggakan siswa selama tiga tahun bersekolah masih ada, sehingga harus menyelesaikan administrasi tersebut," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: