Demi Bantu Orangtua, Mahasiswa Ini Kuliah Sambil Kerja

Demi Bantu Orangtua, Mahasiswa Ini Kuliah Sambil Kerja

RBO >>> BENGKULU >>> Kuliah sambil bekerja adalah salah satu pilihan yang dijalankan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu), Rima Azam. Biasanya  dia hanya fokus pada kuliah agar mendapatkan nilai atau IPK yang diimpikan, namun sekarang dia juga mulai bekerja.

Selama satu tahun terakhir mahasiswa semester akhir jurusan Ekonomi Syariah yang berasal dari Kota Lampung mengatakan, ia mengambil keputusan untuk bekerja di  Laundry Anugrah yang berlokasi di Timur Indah 3 Kota Bengkulu. Ia mengawali pekerjaan tersebut pada saat memasuki semester 6 sampai saat ini.

“ Sebagai mahasiswa yang hidup sendiri di Bengkulu dan jauh dari orangtua, apalagi ayahnya sudah wafat, membuat saya mengharuskan hidup mandiri, untuk tidak membebani orangtua dalam masalah ekonomi. Kuliah sambil bekerja adalah salah satu jalan agar dapat membiayai kehidupan sendiri selagi itu tidak mengganggu kuliah dan menguntungkan, akan saya lakukan,” ujar Rima kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Hal itu dilakukan, lanjut mahasiswa yang tingggal di Jalan Padat Karya Kota Bengkulu, kuliah itu membutuhkan biaya yang cukup besar. Sehingga, mengharuskan ia bekerja untuk menambah pemasukan untuk pembayaran SPP kuliah. Selain untuk kebutuhan kuliah, ia juga harus membayar uang kos dan membiayai kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi.

“Mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja adalah keputusan yang membutuhkan komitmen yang besar. Kita harus pintar-pintar membagi waktu antara kuliah dan kerja. Keduanya harus tetap berjalan dengan seimbang. Bekerja di laundry dengan menyediakan jadwal kerja atau lebih dikenal shift untuk para karyawan yang masih kuliah, menjadi keringanan dalam mengatur kapan jadwal kuliah dan kapan jadwal kerja.”

Rima juga membagi tips untuk mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja. Pastikan bisa mengatur waktu dengan baik antara kuliah dengan pekerjaan. Maka dari itu, pilihlah tempat kerja yang menyediakan jam kerja dengan shift-shift agar tidak bentrokan antara kuliah dan bekerja. Dan juga, gunakan waktu senggang sebaik mungkin dengan beristirahat yang cukup. (Mg-5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: