Himatika Unib Selenggarakan Lomba Mathematics Championship 25

Himatika Unib Selenggarakan  Lomba  Mathematics Championship 25

 

RBO >>> BENGKULU >>> Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) Unib menyelenggarakan acara tahunan Mathematics Championship 25. Ada 3 cabang lomba berskala nasional yang diadakan. Ini terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), poster ilmiah, dan video pembelajaran. Target pesertanya dari siswa SMA, mahasiswa bahkan guru SMA dan SMP. ''Ini merupakan agenda tahunan. Sebelum pandemi acara ini terdiri dari berbagai cabang lomba. Seperti  mewarnai, Olimpiade SD, SMP, SMA, serta mahasiswa. Juga ada lomba alat peraga, menara hanoi dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional. Namun pada tahun ini hanya diselenggarakan 3 cabang lomba berskala nasional,'' ujar M. Iqbal Siregar (21), Ketua Panitia Acara Mathematics Championship saat dihubungi radarbengkuluonline.com, Selasa (05/10).

Pendaftaran lomba  acara  Mathematics Championship ini, lanjutnya, sudah dibuka sejak 1 Oktober lalu, Info lebih lanjut bisa dilihat di Instagram @himatika_unib.

“Untuk  pembukaan acara lomba itu sendiri  dilakukan tanggal 20 November, hari Sabtu dan penutupan serta pengumuman pemenang pada tanggal 21 November,” ujar M. Iqbal .

Sedangkan jumlah perserta yang sudah mendaftar, lanjutnya, belum ada. Karena, pembukaan pendaftaran baru dimulai. Akan tetapi untuk himpunan yang menanyakan perihal lomba sudah banyak dan dari tim humas juga sudah menyebarkan undangan ke universitas, bahkan sekolah senasional.

 Iqbal menambahkan,  nantinya akan ada dua orang juri. Dimana salah satunya merupakan dosen di Universitas Bengkulu dan satu orang dosen lagi yang berasal dari luar provinsi yang sedang disurvei. Ini mengingat lomba yang diadakan berskala nasional.

Ia juga menjelaskan proses penjurian untuk ketiga cabang lomba nantinya akan dilaksanakan secara daring/online. Pada lomba LKTIN akan diadakan dua proses penilaian. Yaitu penilaian fullpaper. Dimana juri akan diberikan link Drive fullpaper peserta untuk dinilai secara daring, dan dilanjutkan dengan penilaian saat presentasi yang dilaksanakan via zoom.

Penjurian lomba video pembelajaran juga dilakukan dengan mengirimkan link Drive yang berisi makalah dan video dengan kategori yang dipisah untuk membedakan penjuaraan. Hasil dari penilaian akan dipilih 10 terbaik dari setiap kategori untuk melakukan pemvotingan pada akun YouTube himatika yang berlangsung selama 10 hari untuk menentukan juara favorit yang diumumkan di grup 10 besar. Dan yang menempati posisi 1, 2, 3 akan diumumkan pada acara puncak MC 25.

Untuk penjurian lomba poster ilmiah dilaksanakan secara daring. Dengan cara, memberikan link Drive karya poster ilmiah seluruh peserta kepada dewan dewan juri. Setelah penilaian   selama 1 minggu oleh dewan juri, maka 10 nama finalis tiap kategori akan diumumkan melalui instagram @mathematics_championship_xxv. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan vote karya 10 finalis di Instagram @mathematics_championship_xxv untuk mendapatkan pemenang favorit.

Acara Mathematics Championship yang diadakan tahun 2021 ini mengangkat tema Show your creativity in implementing mathematics in the era of society 5.0 and be the leading Z generation during the pandemic .

“Maknanya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, kita hidup didunia penuh dengan kecanggihan teknologi yang selalu berkembang. Di era teknologi sekarang ini biasa disebut era society 5.0, dimana semua teknologi  sudah menjadi kebutuhan dalam menjalani kehidupan. Kemudian keberadaan generasi Z pada saat ini sangatlah memberi pengaruh pada perkembangan zaman. Baik saat ini dan nanti. Dimana generasi Z sudah kenal dan akrab akan kecanggihan teknologi.  Oleh karena itu, kita perlu mendorong dan mengembangkan generasi Z yang unggul untuk dapat menampilkan kekreativitasannya. Terutama dalam menerapkan matematika. Karena ilmu matematika adalah ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern.  Sehingga lahirlah generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas dimasa sekarang dan mendatang,” tambah Iqbal.

Tujuan dari acara ini adalah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan daya inovasi siswa, mahasiswa dan guru dalam pembelajaran matematika, menambah pemahaman, menggali potensi serta meningkatkan daya nalar dan kreativitas siswa, mahasiswa dan guru dalam matematika. (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: